sign up SIGN UP search


trending

5 Fakta Rihanna Dinobatkan Jadi Pahlawan Nasional Barbados, Republik yang Baru Resmi Berdiri

Annisa Afani   |   Haibunda Rabu, 01 Dec 2021 23:10 WIB
Singer Rihanna looks on at the Presidential Inauguration Ceremony to mark the birth of a new republic in Barbados, Bridgetown, Barbados, November 30, 2021. REUTERS/Toby Melville/Pool caption
Jakarta -

Belum lama ini, Barbados secara resmi dinyatakan sebagai negara baru berbentuk republik, Bunda. Selama ini, Barbados berperan sebagai negara kesatuan yang bergabung dengan Inggris.

Dengan perubahan yang terjadi, maka Barbados kini melepaskan Ratu Elizabeth II sebagai sebagai kepala negara. Untuk informasi selengkapnya soal Barbados, simak fakta-fakta yang sudah HaiBunda rangkum dari beberapa sumber berikut, ya:

1. Barbados jadi republik baru

Barbados telah resmi mencopot Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara, Bunda. Kini Barbados siap memasuki era baru dan berdiri sebagai republik baru.


Peresmian Barbados dilakukan dalam upacara semalam di ibu kota, Bridgetown pada Senin (29/11/2021). Dalam momen tersebut, Dame Sandra Mason pun dilantik sebagai presiden.

Acara ini turut dihadiri oleh Pangeran Charles. Dalam pidatonya, Pangeran Charles mengenang masa-masa kekejaman perbudakan yang pernah terjadi di pulau Karibia itu.

Banner Nola B3 Melahirkan di Usia 43 Tahun

Untuk menandakan perubahan resmi kekuasaan, penghormatan terakhir dilakukan kepada monarki Inggris dan bendera Royal Standard diturunkan dan diganti.

Mengutip dari BCC, sebagai tamu kehormatan pada acara tersebut, Pangeran Charles menegaskan bahwa Barbados dan Inggris masih berhubungan. Hal ini berlaku walau perubahan status konstitusional antara keduanya sudah berbeda dari sebelumnya.

Dia menggambarkan momen itu sebagai awal baru sebelum dianugerahi Order of Freedom of Barbados yang bergengsi oleh presiden baru.

2. Presiden pertama Barbados seorang wanita

Di malam yang sama, Barbados juga meresmikan presiden mereka, Bunda. Adalah Dame Sandra Mason, gubernur daerah setempat yang terpilih sebagai presiden. Sebelumnya, Dame Sandra Mason menjabat sebagai gubernur sejak 2018, kemudian dia dipilih melalui pemungutan suara di parlemen sebagai yang dilakukan sejak beberapa waktu yang lalu sebagai kepala negara.

"Kapal Republik Barbados telah berlayar dalam pelayaran perdananya. Semoga dia mengatasi semua badai dan mendaratkan negara dan warga kita dengan selamat di cakrawala dan pantai yang ada di depan kita," katanya setelah dilantik, dikutip pada Rabu (1/12/2021).

Untuk diketahui, Barbados mengumumkan rencananya untuk menjadi republik sejak tahun lalu, Bunda. Meski berdiri sendiri, Bardabos akan tetap berada dalam Persemakmuran Inggris.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga kisah cinta pria Jambi yang nikahi bule Turki dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PERDANA MENTRI DAN PAHLAWAN NASIONAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!