sign up SIGN UP search


trending

Kisah Oka Antara tentang Toleransi di Keluarga Besar Usai Ibunda Pindah Agama

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 24 Jan 2022 17:26 WIB
Aktor Oka Antara berperan sebagai Irvan di sinetron Ikatan Cinta. caption
Jakarta -

Bunda yang suka menonton film layar lebar Indonesia pasti sudah mengenal sosok Oka Antara. Ya, pria 40 tahun ini merupakan seorang aktor yang asyik wara-wiri di televisi dan berbagai film.

Kehidupan Oka Antara sempat menarik perhatian banyak netizen, Bunda. Terlebih kisah perjalanan spiritual sang Bunda yang memutuskan untuk pindah agama.

Sebelumnya, Ibunda Oka Antara memiliki keyakinan yang berbeda dengan sang Ayah. Ayah Oka adalah seorang penganut agama Hindu, sedangkan sang Bunda adalah seorang Muslim. Namun, sang Bunda memutuskan untuk mengikuti jejak sang suami dan turut menganut agama Hindu.


Hal ini diungkapkan langsung oleh Oka saat berbincang dalam podcast yang dipandu oleh Daniel Mananta, Bunda. Ia menceritakan bahwa sang Bunda telah menyelesaikan semua surat-surat dan resmi menganut agama Hindu.

"Dahulu Muslim (ibu). Pas pindah agama dia menjadi Hindu. (Dia) menyelesaikan semuanya, surat-suratnya. Dia menjalankan agama Hindu," kata Oka, dikutip dari YouTube Daniel Mananta Network, beberapa waktu lalu.

Banner Nama Bayi Aestetic

Meski sang Bunda menganut agama Hindu, keluarga besarnya masih memeluk Islam. Oka pun tetap menjunjung tinggi toleransi dan menjalankan tradisi yang masih dianut keluarga besar sang Bunda.

"Kakak dan adiknya nyokap itu Muslim semua, jadi pas gue Idul Fitri, gue ke sana. Gue masih punya tradisi nyekar ke Kuncen di Yogya untuk doain eyang gue," ujar Oka.

Oka sendiri telah mendapatkkan pendidikan agama Hindu sejak kecil dari keluarganya. Sebelum pindah ke Amerika, suami Rara Wiritanaya ini bahkan masuk sekolah Minggu untuk agama Hindu.

Saat bersekolah, Oka diajarkan bagaimana cara beribadah dalam agamanya. Ia juga belajar kisah-kisah bernilai modal dari agama Hindu.

"Pertama itu menghafal bait, untuk sembahyang hafalin sembilan bait. Baru kisah-kisah yang seperti di agama lain, diceritakan lalu dipetik moralnya seperti apa," sambungnya.

Selama tinggal di Amerika, Oka Antara tetap menjalankan ibadah sesuai agamanya. Ayah tiga anak ini ikut perkumpulan keluarga Hindu dan rutin melakukan ibadah bersama.

"Ketika gue ke Amerika, di situ juga ada perkumpulan keluarga Hindu, kita kumpul di suatu rumah di basement, habis itu sembahyang," kata Oka.

Oka Antara juga berbagi cerita saat dirinya mendapatkan peran sebagai Muslim di film-filmnya. Seperti apa ceritanya?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, saksikan juga video langkah mantapkan hati saat ragu sekolahkan anak ke pesantren berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SERING DAPAT PERAN SEBAGAI MUSLIM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!