sign up SIGN UP search


trending

Jangan Lupa Cek Bun! BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta akan Segera Cair

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 13 Apr 2022 17:56 WIB
wallet with rupiah money inside in front of computer laptop monitor screen, online transaction concept caption
Jakarta -

Ada banyak program yang dijalankan pemerintah untuk mensejahterakan rakyat, Bunda. Salah satunya adalah dengan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Pemerintah masih terus menjalankan program BSU sejak masa pandemi. Bantuan ini diberikan kepada para pekerja yang memiliki gaji di bawah rata-rata.

Adapun mereka yang akan mendapatkan BSU ini adalah 8,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta. Kira-kira Bunda termasuk, tidak?


Rencananya BSU yang dijanjikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini akan segera cair, Bunda. Jumlahnya pun sebesar Rp1 juta. Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

"Ada program baru yang diarahkan bapak Presiden yaitu bantuan subsidi upah untuk gaji di bawah Rp 3,5 juta besarnya 1 juta per penerima," ungkapnya dalam keterangan pers setelah sidkab paripurna, pekan lalu.

Banner Anak Siti KDI Dibully

Di kesempatan lain, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengungkapkan bahwa sampai saat ini alokasi yang disiapkan untuk penyaluran BSU untuk 8,8 juta tenaga kerja dengan penghasilan di bawah Rp 3,5 juta masih diperhitungkan.

"Bantuan Subsidi Upah untuk 8,8 Juta Pekerja dengan Gaji di bawah Rp3,5 Juta, masih dihitung untuk diperhitungkan alokasinya di Anggaran Program PEN," ujar Susiwijono kepada CNBC Indonesia.

Pemerintah melaporkan bahwa di tahun ini, mereka mengalokasikan dana sebesar Rp455,62 triliun untuk program Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) tahun anggaran 2022.

Adapun hingga 1 April 2022, anggaran PC-PEN baru terealisasi Rp29,3 triliun. Jumlah ini baru sekitar 6,4 persen dari pagu anggaran Rp455,62 triliun.

Susiwijono juga mengungkapkan bahwa program ini masih tengah dalam pematangan kebijakan, Bunda. Namun, ia menargetkan bahwa pemberian BSU akan cair sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Iya (akan disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022). Akan secepatnya disalurkan," katanya.

Pada tahun lalu, kebijakan ini sudah ada dengan besaran Rp 500 ribu per bulan selama dua bulan. Sehingga tenaga kerja akan menerima dana sebesar Rp 1 juta sekaligus.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/som)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!