sign up SIGN UP search


trending

Ngenes! Atlet Senam Sutjiati Narendra Rela Tinggalkan AS Demi RI Berujung Kecewa

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 21 Apr 2022 23:29 WIB
RAIH PRESTASI DI AMERIKA
Sutjiati Narendra caption

Selama menggeluti dunia olahraga di Amerika Serikat, Sutjiati telah mengikuti sejumlah kompetisi. Salah satunya ketika ia terpilih mewakili Tim Nasional Junior Amerika Serikat di kompetisi internasional pada 2018 lalu.

Akan tetapi, di tahun yang sama Sutjiati mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Ia pun harus pulang ke Lampung, Sumatra Selatan.

"Pelatih saya melakukan yang terbaik untuk membangun saya sebagai atlet dan memberi persiapan yang diperlukan untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional," ungkap Sutjiati.


Namun dalam proses tersebut, ia mulai mengalami kesulitan. Sutjiati merasa bahwa mereka tidak memiliki kesempatan cukup untuk bersaing di kancah internasional dan tertahan untuk dikirim ke luar negeri karena dikatakan belum cukup berprestasi.

"Dikombinasikan dengan masalah pendanaan, kurangnya struktur organisasi yang efisien, dan minimnya perencanaan yang efektif," ucap sang atlet.

Sutjiati juga menceritakan pengalaman tak menyenangkan ketika mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior Pertama di Moskow, Rusia pada 2019.

"Dalam senam ritmik, kami bersaing dengan empat alat di setiap kompetisi. Saya hanya berkompetisi dengan satu alat di satu kompetisi, dan saya juga tidak pernah dibina di pusat pelatihan mana pun sebelum Kejuaraan Dunia tersebut."

"Lalu ketika saya meraih dua emas dan satu perak di PON XX Papua tahun lalu saya diberitahu bahwa saya akan didukung untuk Olimpiade. Tapi kami tidak lagi diperhatikan sejak itu. Pelatih saya dan saya bahkan disuruh mencari sponsor sendiri. Saya berlatih enam hari seminggu, pagi hingga malam, tanpa tujuan yang jelas," sambungnya.

Tak hanya itu, kepedihan Sutjiati semakin terasa ketika ia tidak diberangkatkan untuk SEA Games 2021. Hal itu turut membuat Deddy Corbuzier gemas, Bunda. Baca di halaman berikutnya.

DEDDY CORBUZIER INGIN BANTU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!