sign up SIGN UP search

trending

Baim Wong Batalkan Pengajuan HAKI atas Citayam Fashion Week, Alasannya...

ANNISAAFANI   |   Haibunda Selasa, 26 Jul 2022 18:00 WIB
Baim Wong minta maaf soal Citayam Fashion Week caption
Jakarta -

Baim Wong belum lama ini mengajukan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) atas Citayam Fashion Week. Permohonan yang diajukan oleh PT Tiger Wong tersebut teregistrasi dengan nomor JID2022052181 itu diterima PSDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022 lalu.

Kabar tersebut lantas menuai kontroversi. Hingga pada akhirnya, Baim Wong pun memutuskan untuk melepas permohonan Hak Cipta Citayam Fashion Week.

Suami Paula Verhoeven pun mengatakan bahwa sebetulnya, ia tidak memiliki ambisi yang besar seperti yang diduga publik. Niat awalnya, berharap agar Citayam Fashion Week bisa terus berlangsung alias panjang umur.


Baim Wong pun mengakui bahwa pada awalnya ia ingin membuat lomba di sana. Namun sebelum hal tersebut berlangsung, ia berusaha mencari pemilik Hak Kekayaan Intelektual-nya (HAKI) dan meminta izin.

"Mau mengadakan kompetisi, pagelaran yang besar saya. Saya nanya, (Citayam Fashion Week) diwakili siapa? Karena kalau HAKI-nya ada, saya mau minta izin. Sesimpel itu," kata Baim Wong dalam kanal Baim Paula, dikutip pada Selasa (26/7/2022).

Saat dicari tahu, nyatanya Citayam Fashion Week ini tak memiki HAKI, Bunda. Melihat hal tersebut, tim Baim Wong lantas berpikir untuk membuat HAKI bersama dengan Bonge, Roy, dan Jeje yang pertama kali mempopulerkan ajang tersebut.

Berbagai komentar sinis yang tak menyetujui langkah perusahaan Baim Wong tersebut disampaikan di media sosial. Bahkan, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat pun menyampaikan 'nasehat'-nya.

Hal ini sepertinya membuat Baim Wong berpikir ribuan kali hingga akhirnya ia pun membatalkan niat tersebut.

"Berpikiran dibikin HAKI bareng-bareng sama mereka. Cuma saya bilang, daripada berkelanjutan (kontroversinya), saya bisa bilang enggaklah. Kita niatnya tidak ke sana sama sekali (cari untung)," ungkapnya.

Pria kelahiran 41 tahun lalu ini pun berharap agar publik tak langsung menyimpulkan dugaan terhadap sesuatu. Katanya, dengarkan dulu alasan di baliknya sebelum beropini.

"Cuma alangkah baiknya kalau mendengarkan dulu, saling mendengarkan, baru beropini. Takutnya kan malah jadi kayak salah persepsi, jadi negatif, malah merugikan," tuturnya.

Singgung Harajuku

Dalam kesempatan yang sama, ayah dua orang anak ini juga mengatakan baru mengerti soal Citayam Fashion Week yang menjadi domain publik. Ia pun meminta maaf terkait hal tersebut.

"Cuma, kalau saya balik lagi, enggak apa-apa. Memang mungkin salah saya ketika awalan, harusnya saya agak mengerti ini adalah domainnya publik. Saya kan belum terlalu mengerti begitu," tutur Baim Wong.

Lebih lanjut, ia menyinggung Citayam Fashion Week ini selayaknya Harajuku. Menurut pemahamannya, keduanya sama-sama domain publik

"Jadi menurut saya, baru penjelasan itu saya mengerti karena Harajuku pun yang punya Jepang dia tidak ada ininya (HAKI), karena itu domain publik."

"Memang saya tidak tahu dan maaf banget kalau memang saya itu begitu, tapi jauh sekali dengan persepsi orang yang mengambil untung atau gimana, malah saya mau kebalikannya, mau menjadikan ini seperti sebagai ajang yang bagus," sambungnya.

Selanjutnya simak di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Sudah punya akun Instagram, cari tahu nama anak kedua Baim Wong dan Paula dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



INGIN MEMAJUKAN FASHION INDONESIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!