sign up SIGN UP search


trending

Seru! M20 Ajang Konser Sederet Musisi Sambil Bahas Isu Lingkungan & Hak Intelektual

Ratih Wulan Pinandu   |   Haibunda Jumat, 23 Sep 2022 18:30 WIB
Ilustrasi konser musik Ilustrasi konser musik/ Foto: Getty Images/urbazon
Jakarta -

Bagi Bunda pecinta musik, pada November mendatang akan ada pertunjukan spesial dari Komunitas musik nih. Untuk mendukung Kepresidenan G20 Indonesia, akan digelar Music20 (M20) yang di dalamnya akan diisi dengan diskusi berbagai isu seputar musik.

Acara ini dibuat untuk mendukung isu utama terkait seputar Kepresidenan G20 Indonesia. Acara yang rencananya akan digelar di Bali tersebut akan membawa empat isu utama, di antaranya Arsitektur Kesehatan Global, Transisi Energi, Transformasi Ekonomi Digital, dan Krisis Pangan.

Nah, sebenarnya M20 sendiri akan membahas apa saja sih, Bunda? Selain musik, acara ini akan membahas seputar hak intelektual, keberlangsungan industri musik yang adil dan inklusif, hingga perubahan tren musik ke arah transformasi digital dan keberlanjutannya di industri musik.


Tak hanya itu saja, nantinya akan disorot pula soal konser ramah lingkungan dan kesejahteraan para pekerja kreatif lho. Semakin menarik bukan?

"Kami membantu pemerintah dalam rangka mengamplifikasi empat pesan yang dibawa Indonesia dalam G20," kata Tantowi Yahya yang merupakan salah satu Ketua Komite Pelaksana.

Rangkaian acara M20

Bagi Bunda dan Ayah yang tertarik lebih jauh mengenai acara M20, akan terbagi menjadi tiga acara. Berikut ulasannya:

Pre-event 1

Acara akan dilangsungkan pada 30 September 2022, dan digelar secara daring yang juga ditayangkan di YouTube.

Pre-event 2

Acara selanjutnya akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2022 secara daring.

Puncak acara M20 summit

Acara M20 summit akan digelar secara hybrid di TMII Jakarta, Bunda.

Pembicara M20

Tantowi Yahya menyebut akan ada 10 pembicara yang mengisi gelaran M20 di pre-event yang pertama. Rencananya dalam kesempatan tersebut akan dibahas beberapa poin, di antaranya terkait hak intelektual dan etnomuskologi.

Selanjutnya, dibahas isu seputar musik untuk lingkungan dan kesejahteraan, keadilan dan akses inklusif, konser rendah emisi dan ramah lingkungan, cetak biru untuk musisi muda, pendidikan musik, hingga transformasi digital yang berkelanjutan.

"Yang tampil pada acara pertama ini adalah para bintang, baik dari Indonesia maupun dari dunia. Mereka yang selama ini dikenal ada kaitan dengan isu lingkungan, kemudian juga adalah orang-orang yang punya pemahaman dan pengetahuan tentang digital economy," kata Tantowi Yahya.

Selanjutnya pada pre-event 2, Tantowi menjelaskan bahwa acara diisi oleh para tokoh dari komunitas musik. Harapannya, acara ini nanti akan bisa menjadi platform untuk mendorong perdamaian, perubahan iklim, dan transisi yang adil untuk berbagai pihak.

Sedangkan pada M20 Summit, baru akan dibacakan seluruh rangkuman dari dua acara sebelumnya, Bunda. Dilanjutkan dengan acara puncaknya di Bali pada pertengahan November mendatang.

Deretan musisi ternama juga akan mengisi acara puncaknya, seperti Addie MS, Yovie Widianyo, Dwiki Dharmawan, Gita Gutawa, Vicky Sianipar, Anto Hoed, Marcell Siahaan, Ikke Nurjanah, Candra Darusman, dan Anggun C Sasmi.

"Hasil konkret yang ditargetkan adalah ajakan bertindak, bagaimana transformasi digital industri musik dapat mendorong kontribusi positif bagi perekonomian negara G20; M20 Summit," kata Tantowi Yahya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!