sign up SIGN UP search


Bulan 9

Bulan 10

Bulan 11
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Memahami Kalimat Sederhana

Berat 8,5 - 9,2 kg
Tinggi 71,5 - 73,3 cm

Memasuki usia 10 bulan, terjadi titik balik yang luar biasa dalam perkembangan si kecil. Tonggak perkembangan tersebut, seperti:

Memahami kalimat sederhana
Si kecil mulai memahami beberapa kata. Selain kata mama dan papa, si kecil juga mulai memahami kalimat sederhana yang sering diucapkan orang tua atau yang kerap didengarnya.

Bisa berjongkok
Si kecil sudah bisa berjongkok sambil menunduk untuk mengambil mainan, Bunda.

Kemampuan lain
Si kecil akan menunjukkan beberapa perilaku seperti berguling atau membenturkan kepalanya saat kesal. Mereka juga sudah mulai mengenal rasa takut, dan gigi susunya mulai tumbuh banyak.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Pantau perkembangan anak dan Konsultasi ke Dokter jika ada masalah pada perkembangan maupun kesehatannya dan tanyakan makanan baru apa yang bisa dikenalkan ke si kecil.
  • Hindari Makanan Tertentu Hindari makanan dengan kandungan garam, gula dan lemak jenuh yang cukup tinggi karena tidak baik untuk anak.

Bunda Baiknya
  • Mulai Menyapih ASI bisa diberikan untuk memenuhi nutrisinya, namun Bunda juga bisa mulai menyapihnya. Selain itu, ajak anak makan bersama keluarga agar dia bersemangat makan dan kenalkan dengan alat makan yang terbuat dari besi.
  • Stimulasi Perkembangan Anak Sering ajak anak bermain, misal main 'cilukba' atau bernyanyi dan bermain tangkap bola untuk membantunya berguling ke depan dan belakang. Selain itu, sering ajak anak berkomunikasi untuk menstimulasi bicaranya.
  • Biasakan Anak Tidur Siang Membiasakan anak tidur siang agar tak rewel saat malam hari. Si kecil umumnya tidur siang dua kali sehari dengan durasi satu jam.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Rewel Anak rewel karena gigi-giginya mulai tumbuh. Selain itu, anak mungkin rewel karena mengalami rasa cemas saat berpisah dari orang tuanya.
  • Anak Membenturkan Kepala atau Menarik Rambut Ketika anak melakukan hal ini berarti anak sedang stres Bun karena perubahan di sekitarnya. Karena itu, Bunda perlu memberikan perhatian lebih kepada buah hati.

Tumbuh kembang anak bulan ke-10, mulai memahami kalimat sederhana. Kosakatanya bertambah selain papa dan mama. Ia juga sudah bisa berjongkok sambil menunduk, berguling, atau membenturkan kepalanya.