sign up SIGN UP search


Bulan 10

Bulan 11

Bulan 12
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Jalan Beberapa Langkah

Berat 8,7 - 9,4 kg
Tinggi 72,8 - 74,5 cm

Perkembangan anak usia 11 bulan semakin mengejutkan Bunda, di antaranya:

Berjalan beberapa langkah
Setelah bisa merangkak, berdiri sendiri tanpa bantuan, si kecil pun akan mulai percaya diri untuk berjalan. Meski demikian, si kecil baru bisa berjalan beberapa langkah.

Makan sendiri
Si kecil di usia ini mulai menunjukkan kesukaan terhadap tekstur atau rasa. Mereka bisa memilih makanan dan makan sendiri meski masih berantakan. Selain itu, si kecil juga bisa minum dengan sedikit bantuan.

Penampilannya berubah
Si kecil tidak lagi gemuk, dengan pipi yang tembam. Lemak tubuhnya sudah digantikan dengan otot-otot, sehingga penampilan si kecil makin ramping.

Kemampuan lain
Si kecil suka penasaran dan menirukan suara-suara seperti suara binatang, memiliki kepribadian sendiri, tapi juga mulai tantrum. Mereka mulai menemukan beberapa kata sulit dan menunjukkan sesuatu yang diinginkan.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi influenza untuk membantu mencegah influenza pada anak. Vaksin ini sudah bisa diberikan saat anak usia di atas 6 bulan dan bisa diulang setahun sekali.
  • Jauhkan dari Benda Berbahaya Benda tajam, alat kosmetik, koin, dan benda-benda yang ukurannya kecil bisa berbahaya untuk si kecil yang suka memasukkan apapun ke dalam mulut.
  • Konsultasi ke Dokter Jika ada masalah pada perkembangan atau kesehatan pada anak, segera Konsultasi ke Dokter.

Bunda Baiknya
  • Berikan ASI ASI bisa tetap diberikan untuk memenuhi nutrisi sambil terus mengenalkan beragam makanan bergizi dan aman, seperti buah-buahan, sayuran, yogurt, dan daging yang sudah diolah.
  • Stimulasi Perkembangan Buah Hati Kenalkan anak dengan berbagai permainan yang bisa meningkatkan kemampuan motoriknya, seperti bermain menyusun balok. Namun pilih permainan dari bahan yang aman karena anak kadang memasukkan mainan ke mulutnya.
  • Ajarkan Tentang Kemandirian Dorong anak untuk mulai menjadi lebih mandiri saat makan, dan bersiap tidur. Buatlah rutinitas tidur supaya si kecil cukup tidur dan tidak rewel di malam hari.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Sulit Tidur dan Diatur Growth spurt atau percepatan pertumbuhan di usia 11 bulan bisa menyebabkan anak sulit tidur dan rewel.
  • Anak Sering Memanjat Kursi atau Meja Rasa ingin tahu dan kemampuan berdiri sendiri dan melangkah membuat anak suka memanjat. Tetap awasi si kecil, dan gunakan matras untuk mencegah cedera.
  • Anak Condong ke Ayah atau Ibu Saat lapar mungkin anak akan mendatangi Bunda, namun saat ingin bermain, dia akan mendatangi Ayahnya.

Tumbuh kembang anak bulan ke-11, sudah mulai berjalan sendiri dalam beberapa langkah. Ia juga akan menunjukkan kesukaan terhadap tekstur atau rasa. Tapi, sudah mulai ramping dari sebelumnya karena lemak tubuh menjadi otot.