sign up SIGN UP search


Bulan 8

Bulan 9

Bulan 10
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Menunjukkan Emosi & Kepribadian

Berat 7,9 - 8,6 kg
Tinggi 70,1 - 70,6 cm

Setelah mulai mengembangkan kemampuan motoriknya, memasuki usia 9 bulan, tahap perkembangan si kecil berikutnya, yakni:

Menunjukkan emosi
Si kecil mulai menunjukkan emosi dan berbagai jenis kepribadian, mulai dari sifat keras kepala, bahagia, hingga tekad yang kuat.

Aktif bergerak
Si kecil makin aktif bergerak nih, Bun. Mereka bisa mengubah posisi tidur lalu duduk dan berdiri sendiri. Si kecil juga sudah lancar merangkak, dan berjalan dengan bantuan.

Pemahaman bahasa makin baik
Pemahaman bahasa dan pendengaran si kecil makin baik. Mereka juga bisa memahami pertanyaan sederhana dan kata tidak.

Kemampuan lain
Si kecil mulai meniru tindakan, mudah merengek, memilih makanan, senang bermain terutama main cilukba, dan mulai menggunakan gerak tubuh untuk berkomunikasi. Selain itu, sebagian anak juga mulai tumbuh gigi di usia ini.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi campak untuk melindungi dari penyakit campak.
  • Konsultasi ke Dokter Untuk mengetahui perkembangan yang sudah dicapai anak dan masalah terkait perkembangan anak, serta jika mengalami masalah kesehatan.

Bunda Baiknya
  • ASI Bisa Dilanjutkan ASI bisa tetap diberikan untuk memenuhi nutrisi. Namun Bunda bisa berikan finger food dengan tekstur, selera dan rasa baru.
  • Lanjutkan Menstimulasi Anak Pilih permainan dengan rintangan untuk membantu kemampuan geraknya. Selain itu, bacakan buku bergambar dan sering ajak anak bicara.
  • Bantu Anak Mendeskripsikan Emosinya Bantu anak untuk mengetahui emosi yang dirasakannya. Misalnya, ketika anak sedang sedih, beri tahu bahwa dia sedang sedih dan sebaliknya.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Sulit Tidur Anak sulit tidur di malam hari mungkin karena tumbuh gigi. Saat ini terjadi, hindari pemberian ASI sebelum tidur atau buat situasi ruang tidur nyaman.
  • Anak Rewel dan Sulit Diatur Bunda harus sabar menghadapi anak rewel dan biasakan diri mengatakan 'tidak' untuk si kecil ya jika sulit diatur atau rewel.

Tumbuh kembang anak bulan ke-9, sedang mengembangkan kemampuan motoriknya. Anak akan menunjukkan emosi dan berbagai jenis kepribadian. Ia juga mulai aktif bergerak seperti duduk lalu berdiri sendiri.