sign up SIGN UP search


Bulan 11

Bulan 12

Bulan 13
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Menunjukkan Rasa Malu

Berat 8,9 - 9,6 kg
Tinggi 74,0 - 75,7 cm

Memasuki usia 12 bulan, si kecil sudah menguasai kemampuan baru. Selain bisa berdiri sendiri dan berjalan, kemampuan lainnya seperti:

Menunjukkan rasa malu
Di usia ini, si kecil juga sudah bisa bereaksi dengan situasi dan menunjukkan rasa malu, cemas, atau takut. Ini biasanya terjadi ketika mereka bertemu dengan orang asing atau berada di tempat baru.

Kemampuan bicara
Si kecil sudah bisa mengeluarkan beberapa suara, tapi lebih suka bicara dengan bahasa non verbal, seperti menunjuk atau melempar benda. Tapi umumnya mereka sudah bisa bicara dua sampai empat kata. Anak juga bisa menunjuk objek yang ditanyakan.

Kemampuan lain
Si kecil mencoba menaiki tangga tanpa bantuan, mulai mengikuti gerak mata orang dewasa atau menunjukkan ke arah yang sama dengan orang dewasa. Si kecil juga bisa mengikuti perintah sederhana dan bisa mengatakan tidak.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi PCV dosi 4 dan jika tinggal di daerah endemis, anak bisa diberikan vaksin Japanese encephalitis (JE), yang bisa dimulai saat usia anak 12 bulan.
  • Konsultasi ke Dokter Cek kemajuan tumbuh dan kembang anak serta konsultasikan jadwal pemberian imunisasi lanjutan dan bisa mulai memeriksakan giginya.

Bunda Baiknya
  • Kenalkan Susu Sapi ASI dan MPASI tetap diberikan untuk memenuhi nutrisi. Bunda juga bisa mulai mengenalkan susu sapi karena perutnya sudah berkembang.
  • Ajari Menggunakan Cangkir Jika anak menggunakan botol dot atau kempeng, maka Bunda bisa mulai mengajarinya menggunakan cangkir sippy di usia ini.
  • Ajak Anak Bermain Misalnya, mainan yang banyak melibatkan aktivitas tangan seperti menyusun balok atau puzzle. Selain itu, main petak umpet atau main alat musik.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Menjadi Posesif dengan Mainan Anak belum mengerti arti berbagi. Sebaiknya Bunda jangan memaksa anak berbagi dengan teman sebayanya.
  • Anak Kehilangan Minat Pada Makanan Anak mungkin juga kehilangan minat pada makanan, namun jangan dipaksa karena mereka akan makan saat lapar.
  • Anak Takut atau Malu Selalu berada di sampingnya dan ajarkan menghadapi perasaan takut dan malu. Misal, dengan mengenalkan anak pada lingkungan dan orang baru.

Tumbuh kembang anak bulan ke-12, sudah bisa menunjukkan ekspresi malu, cemas, bahagia. Si Kecil sudah bisa mengeluarkan beberapa kata, menunjuk benda yang diinginkannya. Ia juga sudah bisa mengikuti perintah sederhana.