sign up SIGN UP search


Bulan 13

Bulan 14

Bulan 15
fase-anak

Anak Bunda Mulai Senang Mengeksplorasi

Berat 9,3 - 10,1 kg
Tinggi 76,4 - 77,9 cm

Di usia 14 bulan, si kecil menunjukkan perkembangan yang pesat. Mereka sudah bisa duduk lalu berdiri sendiri, kemudian berjalan tanpa bantuan dan menaiki tangga dengan bantuan orang dewasa. Perkembangan lainnya:

Senang mengeksplorasi
Si kecil sibuk mempelajari sesuatu dan perhatiannya mudah teralihkan. Dia senang mengeksplorasi apa yang dipegangnya, mencorat-coret dinding atau lantai, menaruh bola atau mainan ke dalam wadah dan menggelindingkan bola.

Kemampuan bicara
Si kecil mulai belajar berbagai kata baru. Dia mengerti lebih banyak kosa kata dari yang bisa dikatakannya. Setidaknya kata yang bisa diucapkan si kecil sekitar enam kata, meski belum begitu jelas.

Kemampuan lain
Si kecil mulai sensitif dengan lingkungannya, senang bermain dan meniru apa yang dilakukan ibunya, tahu beberapa bagian tubuh, emosinya akan lebih muncul bermacam-macam dan akan menggigit jika frustrasi.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Perhatikan tonggak perkembangan anak. Jika perkembangannya lambat, perubahan berat badan atau ada hal lain seperti tanda autisme dan masalah kesehatan lainnya.
  • Jauhkan Benda Berbahaya Kemampuannya mengeksplorasi benda perlu diwaspadai. Jauhkan barang-barang seperti sabun cuci, sampo dari anak atau pasang pagar pembatas di area yang berisiko membahayakan, misal dapur, kamar atau tangga.

Bunda Baiknya
  • Potong Makanan Ukuran Kecil Dianjurkan untuk terus memberikan ASI dan makanan padat yang bervariasi. Untuk menghindari resiko tersedak, haluskan atau potong makanan hingga kecil agar lebih mudah dikunyah. Hindari pemberian makanan yang terlalu asin, manis, dan bermentega.
  • Ajarkan Menggunakan Peralatan Makan Karena anak sudah bisa makanan padat, latih untuk menggunakan peralatan makan.
  • Ajari Batasan dan Aturan Jika anak tak terkendali, ajarkan tentang batasan dan aturan tanpa memarahinya. Selain itu, sering bermain dengan anak karena mereka lebih senang bermain dengan ibunya sekaligus membantu menstimulasi perkembangannya.

Apa Bunda Merasakan
  • Kelelahan Bunda akan kewalahan dan kelelahan karena rumah jadi sering berantakan. Untuk mengatasinya, bisa meminta bantuan ayah atau pengasuh dan ikut beristirahat ketika si kecil tidur.
  • Anak Susah Diajak Mandi Karena anak lebih sensitif terhadap lingkungan, mereka mungkin jadi takut saat mandi sehingga sulit saat diajak mandi. Biasakan anak menggunakan peralatan mandi.
  • Anak Suka Menggigit Anak suka menggigit karena frustrasi karena tidak bisa mengungkapkan apa yang dirasakan dan diinginkannya atau ingin menarik perhatian.

Tumbuh kembang anak bulan ke-14, sudah mulai senang mencoret-coret dinding dan lantai. Meski belum terlalu jelas, kemampuan berbicaranya akan meningkat sekitar 6 kata. Ia juga suka meniru Bunda.