sign up SIGN UP search


Bulan 14

Bulan 15

Bulan 16
fase-anak

Anak Bunda Sudah Bisa Berlari

Berat 9,6 - 10,2 kg
Tinggi 77,4 - 79,2 cm

Usia 15 bulan adalah masa paling melelahkan bagi orang tua karena si kecil akan semakin aktif dan lincah bergerak. Tahap perkembangan anak usia ini, yakni:

Bisa berlari
Si kecil sudah bisa berdiri, jalan hingga berlari sendiri meski belum begitu lancar.

Kemampuan bicara
Bentuk komunikasi si kecil makin intens. Mereka bisa menggunakan lima kata atau lebih, selain mama dan papa. Si kecil juga mulai bisa menyebut nama benda di sekitarnya.

Mereka akan mencoba menunjukkan sesuatu menggunakan suara atau kata sambil meraih maupun menunjuk dan menatap Bunda, lho.

Mengerti perintah sederhana
Si kecil sudah mengerti dan mengikuti perintah sederhana. Misalnya, tidak atau tolong ambilkan.

Kemampuan lain
Si kecil akan meniru suara binatang atau aktivitas yang dilihatnya, belajar melepas kaus kaki dan sepatu serta akan mulai menunjukkan preferensi terhadap aktivitas tertentu, seperti menolak untuk tidur, dan menunjukkan ekspresi tidak suka terhadap sesuatu.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi Hib dosis keempat, dan MMR dosis pertama, yang terdiri dari 3 vaksin: Mumps (gondongan), Measles (campak), dan Rubella.
  • Konsultasi ke Dokter Jika ada masalah perkembangan, di antaranya anak tidak menunjukkan kasih sayang, tidak tertarik pada anak lain, tidak menggunakan suara konsonan, kehilangan keterampilan yang sudah dimiliki, tidak tertarik pada makanan dan tidak naik berat badannya.

Bunda Baiknya
  • Jadikan Makanan Kegiatan Menyenangkan Bunda masih bisa memberikan ASI dan makanan padat. Namun, jadikan makan sebagai kegiatan yang menyenangkan baginya dan tak perlu resah meja menjadi berantakan.
  • Asah Perkembangan Anak Lakukan beberapa permainan, seperti melempar dan menangkap bola atau bermain playdough sambil memberikan instruksi sederhana. Selain itu, bacakan buku cerita anak bergambar.
  • Bunda Harus Cukup Istirahat Memiliki jam istirahat penting bagi Bunda supaya tetap sehat untuk mengurus anak yang membutuhkan banyak perhatian.

Apa Bunda Merasakan
  • Cemas Tidak hanya anak yang cemas jika berada di lingkungan baru, Bunda mulai merasa cemas karena anak semakin aktif berjalan dan mulai berlari.
  • Anak Suka Menggigit dan Tantrum Anak kadang suka menggigit karena merasa terancam dan tidak tahu berkomunikasi yang benar. Untuk mengatasinya, nasehati dengan cara yang lembut. Jika anak tantrum, alihkan perilaku negatifnya dengan kegiatan menyenangkan dan positif.

Tumbuh kembang anak bulan ke-15, makin aktif dan lincah bergerak karena sudah mampu berlari. Si Kecil sudah mulai bisa menyebut benda di sekitarnya. Ia juga sudah mulai memahami perintah sederhana.