sign up SIGN UP search


Bulan 15

Bulan 16

Bulan 17
fase-anak

Anak Bunda Bisa Berimajinasi

Berat 9,7 - 10,5 kg
Tinggi 78,4 - 81 cm

Saat usia 16 bulan, si kecil semakin aktif dan tidak bisa diam. Di usia ini, dia sudah bisa memanjat, berjalan lebih cepat atau berlari, berjalan mundur, dan menari mengikuti musik. Kemampuan lainnya, seperti:

Bisa berimajinasi
Saat sendiri, si kecil akan asyik bermain dengan mainannya sambil berimajinasi. Misalnya, dia seolah-olah memberi makan pada boneka atau mengeluarkan kata 'brumm' ketika main mobil-mobilan.

Kemampuan bicara
komunikasi si kecil makin baik. Mereka dapat mengucapkan beberapa kata meski ada yang tidak jelas.

Mulai nyaman dengan lingkungan baru
Jika sebelumnya si kecil merasa tidak nyaman di lingkungan baru, di usia ini mereka mulai suka bermain dengan teman baru. Bahkan, si kecil bisa merasa cemburu saat tidak mendapatkan perhatian atau kesal dan mengamuk jika tidak bisa memainkan mainan dengan baik.

Kemampuan lain
Sudah mengerti cara menggunakan kelima indranya, mulai lancar menggunakan sendok dan garpu, suka mendengar orang tuanya bernyanyi, dan menirukan kegiatan atau ucapan yang didengar di sekitarnya. Si kecil juga bisa memberi tahu apa yang diinginkan dengan bahasa isyarat atau menunjuk.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Bila masih mengalami masalah kesehatan atau perkembangan, di antaranya anak tampak memiliki masalah terkait koordinasi gerakan tubuh, tidak bisa atau enggan berbicara, tidak mengerti instruksi sederhana.
  • Jaga lingkungan anak Bunda harus membuat lingkungan buah hati aman untuk bergerak. Jauhkan benda-benda berbahaya dari jangkauannya dan selalu awasi anak.

Bunda Baiknya
  • Jaga Perasaan Anak Anak usia 16 bulan mudah tantrum, merasa marah dan belum memahami cara melampiaskan emosi. Solusinya, peluk dan upayakan agar emosinya kembali stabil.
  • Banyak Berinteraksi Ajak anak keluar rumah untuk bermain di taman atau bernyanyi dan menari bersama. Interaksi akan membantunya mengetahui banyak kata dan belajar hal baru.
  • Istirahat Cukup Anak semakin aktif, Bunda juga harus mendapat istirahat yang cukup. Dengan begitu, fokus dan kesehatan Bunda akan terjaga dengan optimal selama masa perkembangan anak.

Apa Bunda Merasakan
  • Suka Main Gadget Batasi anak main gadget dan ajak melakukan aktivitas bersama supaya anak tidak bosan.
  • Anak Suka Membantu Pada usia ini, anak suka membantu seperti merapikan mainan, atau menyimpan pakaian kotor ke keranjang.
  • Anak Gampang Terkejut dan Takut Anak akan merasa takut dan terkejut terhadap sesuatu. Misalnya, mendengar suara dentuman yang keras, atau tindakan spontan yang dilihatnya secara tiba-tiba.

Tumbuh kembang anak bulan ke-16, semakin aktif karena sudah bisa memanjat, berlari, berjalan mundur dan mengikuti irama musik. Ia juga mulai bermain imajinasi dengan mobilan atau bonekanya.