sign up SIGN UP search


Bulan 16

Bulan 17

Bulan 18
fase-anak

Anak Bunda Bicaranya Mulai Jelas

Berat 10 - 10,7 kg
Tinggi 79,4 - 81,2 cm

Anak usia 17 bulan, kemampuan dan aktivitasnya semakin meningkat lho Bun, seperti:

Bicara mulai jelas
Si kecil lebih banyak mengoceh dan bicaranya makin jelas meski kadang terdengar lucu. Si kecil bisa mengatakan hingga 6 kata atau lebih. Kadang dia mengabungkan kata yang dipahami dengan kata lain.

Peka terhadap musik
Pada fase ini, si kecil mulai peka terhadap musik, sehingga akan ikut bernyanyi atau menari jika mendengar musik atau nyanyian.

Ingin menjadi pusat perhatian
Si kecil suka mencari perhatian. Mereka akan berteriak atau marah jika tidak mendapatkan perhatian yang diharapkan.

Kemampuan lain
Si kecil suka memilih-milih makanan dan merasakan berbagai emosi mulai dari senang hingga frustrasi. Si kecil juga suka berlari menendang bola, mengejar dan melemparnya. Mereka pun mulai mengenali beberapa jenis warna dan menyortir mainan berdasarkan bentuk serta dapat mengingat letak mainannya disimpan.



Bunda Jangan Lupa
  • Cek Perkembangan Anak Mengecek perkembangan anak sangat penting, sehingga jika ada masalah bisa segera ditangani.
  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Berikan anak tiga kali makanan dengan gizi seimbang, dua kali camilan sehat per hari. Ukuran porsi anak 17 bulan sekitar seperempat dari ukuran normal orang dewasa.

Bunda Baiknya
  • Ajarkan Mengekspresikan Emosi Ajarkan cara mengekspresikan emosi untuk mengalihkan tantrumnya.
  • Puji Perilaku Anak Peluk atau beri tahu betapa bangganya Bunda saat anak berbagi, mengikuti arahan, atau berlaku sesuai yang diharapkan. Selain itu, jangan memarahinya karena bisa memengaruhi perkembangan anak.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Memilih yang Disukainya Anak mulai memilih apa yang disukai dan tidak, baik makanan atau mainan dan hal lainnya.
  • Anak Suka Berteriak Anak berteriak karena beberapa alasan, di antaranya bahagia, meminta perhatian, dan merasa dikalahkan. Caranya, alihkan perhatian anak pada hal positif.

Tumbuh kembang anak bulan ke-17, sudah bisa mengoceh dengan lucu. Kosakatanya meningkat lebih dari 6 kata, dan kadang sudah bisa menggabungkan 2 kata. Ia juga mulai peka pada musik jadi akan ikut bernyanyi dan menari.