sign up SIGN UP search


Bulan 17

Bulan 18

Bulan 19
fase-anak

Anak Bunda Mampu Merasakan Beragam Emosi

Berat 10,2 - 10,9 kg
Tinggi 80,7 - 82,3 cm

Pada usia 18 bulan, si kecil sudah dapat menaiki tangga dengan bantuan, berlari lebih lancar, dan melompat. Perkembangan lainnya, yakni:

Merasakan beragam emosi
Si kecil mulai mengalami emosi baru seperti kemarahan dan frustasi, rasa bersalah, rasa malu, rasa memiliki dan kegembiraan. Si kecil menggambarkan emosinya dalam tiga cara: bahagia, marah, atau sedih. Mereka juga akan tantrum jika keinginannya tidak terpenuhi.

Bisa menggambar
Si kecil mulai suka menggambar meski bentuknya berupa benang kusut. Mereka akan mencorat-coret atau membuat gambar di atas kertas, lantai atau dinding.

Kemampuan bicara
Kemampuan berbicara si kecil semakin meningkat. Mereka bisa mengucapkan sekitar 10 kata. Si kecil juga sudah bisa menyusun beberapa kata menjadi kalimat.

Kemampuan lain
Si kecil suka bertepuk tangan dan menggerakkan tubuh saat mendengar lagu, suka meniru ibunya dan suara binatang. Selain itu, mereka juga mulai belajar melepaskan pakaian sendiri, minum dari cangkir dan makan dengan sendok meski masih berantakan.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi tambahan seperti Polio dosis keempat, DPT dosis keempat, dan Campak dosis kedua.
  • Konsultasi ke Dokter Jika anak tidak melakukan kontak mata, koordinasi gerak buruk, tidak bisa konsentrasi, sering tantrum parah, tak bisa mengucapkan beberapa kata, tak merespons saat dipanggil atau diberi instruksi, sering tersedak saat makan, tidak mendapat nutrisi cukup, belum berjalan atau berdiri sendiri.

Bunda Baiknya
  • Pahami Emosi Anak Bunda mesti paham bagaimana emosi anak agar ia tidak rewel atau marah karena anak belum mampu mengungkapkan perasaan.
  • Sering Ajak Anak Bicara Ini untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya. Selain itu, kembangkan imajinasinya dengan membacakan buku. Kenali juga anak dengan bagian tubuh, mainan, serta barang-barang sekitar dan fungsinya.
  • Biarkan Anak Bermain Beri anak kertas dan krayon karena merek dalam tahap senang menggambar. Selain itu, beri kesempatan bermain dengan teman atau mengenal orang baru. Ajak bermain di luar rumah untuk meningkatkan keterampilan motoriknya.

Apa Bunda Merasakan
  • Bunda Kelelahan Semakin besar dan pintar anak membuat Bunda pasti merasa lelah. Karena itu, Bunda harus tetap menjaga dan merawat diri dan penuhi asupan yang tepat supaya tetap sehat.
  • Anak Sering Mengganggu Ini karena anak ingin diperhatikan. Karena itu, beri perhatian jika dia sedang melakukan sesuatu untuk menarik perhatian Bunda.
  • Anak Picky Eater Anak sudah bisa pilih-pilih makan, sehingga Bunda perlu lebih kreatif untuk memilih menu makanannya. Tapi jangan paksa anak untuk makan.

Tumbuh kembang anak bulan ke-18, mulai bisa menunjukkan rasa malu, bersalah, dan gembira. Ia juga bisa mengalami kemarahan dan frustrasi. Kemampuan bicaranya meningkat sampai 10 kata dan bisa menyusun kalimat pendek.