sign up SIGN UP search


Bulan 18

Bulan 19

Bulan 20
fase-anak

Anak Bunda Mulai Bisa Gosok Gigi

Berat 10,8 - 11,15 kg
Tinggi 81,7 - 83,1 cm

Kemampuan motorik anak 19 bulan berkembang dengan pesat serta semakin cepat belajar dan menyerap informasi baru. Si kecil menjadi suka bereksplorasi, bermain dengan temannya dan berlarian. Keterampilan lainnya, seperti:

Mulai gosok gigi
Si kecil mulai bisa menggosok gigi sendiri, dengan dibantu nih Bun. Nah Bunda bisa memilihkan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan pasta gigi khusus anak. Si kecil juga mulai bisa mencuci dan mengeringkan tangannya sendiri.

Menunjukkan kasih sayang
Si kecil suka dipeluk dan dicium. Selain itu, mereka juga suka menunjukkan kasih sayang dengan memeluk, mencium, dan membelai.

Kemampuan bicara
Si kecil sudah aktif bicara, namun ada juga yang pendiam. Umumnya, mereka menguasai sekitar 15 kata dan mengombinasikan kata menjadi kalimat.

Kemampuan lain
Si kecil bisa melepas baju, suka dengan benda-benda tertentu, paham dengan kegunaan barang, mengenal anggota tubuhnya, dan suka atau malah malas mandi.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Jika tidak mau menatap lawan bicara, tidak menanggapi saat dipanggil serta mengalami masalah dalam kesehatan atau perkembangan lainnya.
  • Cukupi Kebutuhan Nutrisi Anak Berikan anak makan tiga kali dengan gizi seimbang, dan dua kali camilan sehat per hari.

Bunda Baiknya
  • Sabar dan Lebih Hati-Hati Dengan sifat dan perilaku anak semakin aktif, Bunda harus sabar menghadapinya sambil mengajarkannya tindakan yang patut dilakukan, serta memperbaiki suasana hatinya yang mudah marah dan banyak menuntut.
  • Ajak Anak Main di Luar Rumah Ajak anak main di luar rumah dan bertemu dengan anak-anak seumurannya dan awasi. Selain itu, ajari belajar bicara dan buat aktivitas membaca menjadi sesuatu yang menyenangkan.
  • Ajari Menggosk Gigi dan Potty Training Pada usia ini, ajari anak rutin menggosok gigi dua kali sehari. Selain itu, mulai latih untuk buang air di toilet.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Agresif Anak 19 bulan biasanya memukul, menggigit, mencakar, atau perilaku agresif lainnya.
  • Anak Suka Meminta Penjelasan Saat anak mendengar atau melihat sesuatu yang menarik perhatian, anak akan bertanya berulang-ulang hingga rasa penasarannya hilang.

Tumbuh kembang anak bulan ke-19, cepat menyerap informasi baru, suka mengeksplorasi dan bermain dengan temannya. Si Kecil juga mulai belajar menggosok giginya sendiri. Bahasanya meningkat 15 kata.