sign up SIGN UP search


Bulan 19

Bulan 20

Bulan 21
fase-anak

Anak Bunda Suka Meniru

Berat 10,7 - 11,3 kg
Tinggi 82,8 - 84,2 cm

Perkembangan anak 20 bulan semakin baik. Keterampilan baru yang makin dikuasainya, seperti:

Memanjat
Otot, kaki, serta anggota tubuh si kecil menjadi lebih kokoh. Karena itu, mereka akan suka naik dan turun tangga sendiri atau memanjat furnitur.

Kemampuan bicara dan meniru
Sebagian anak sudah bisa mengucapkan 15 kata atau dua frasa. Selain itu, si kecil juga makin sering meniru perilaku atau ucapan orang lain. Karena itu, Bunda harus lebih hati-hati saat berbicara atau melakukan sesuatu ya.

Kemampuan lain
Si kecil mulai tertarik dengan berbagai kegiatan, seperti menggambar, menendang bola, dan main air. Namun mereka juga bisa mengerti instruksi sederhana, dan sudah bisa membuang sampah.



Bunda Jangan Lupa
  • Perhatikan Perkembangan Anak Perhatikan perkembangan anak dan jika ada keterlambatan perkembangan seperti tidak bisa bicara satu kata pun, atau tidak minat bersosialisasi dengan teman-teman atau lingkungannya. Selain itu, jika menangis berjam-jam dan terlalu agresif sebaiknya periksakan ke dokter.
  • Penuhi Asupan Nutrisi Anak Anak semakin dewasa dan aktif membutuhkan nutrisi yang cukup. Untuk meningkatkan selera anak, beri makanan berwarna karena lebih menarik perhatiannya.

Bunda Baiknya
  • Hati-hati Bicara dan Berperilaku Karena anak suka meniru, hati-hati mengeluarkan kata-kata atau bertindak yang negatif. Selain itu, latih kemampuan berbicaranya dan bantu beinteraksi dengan lingkungan sekitar. Ajarkan untuk mandiri dan perilaku ini bisa diadaptasi dari apa yang dilihat dari orang tuanya.
  • Atur Jam Tidur Siang Anak semakin enggan untuk tidur siang. Bunda harus pertahankan rutinitas ini agar ia tidak sulit tidur saat malam.

Apa Bunda Merasakan
  • Memar di Tubuh Anak Anak memiliki banyak memar di tubuhnya, biasanya akibat benturan yang terjadi tanpa disadari saat anak aktif bermain. Bekas memar itu akan hilang dengan sendirinya.
  • Anak Suka Menolak Anak sudah mulai sering menolak atau tidak menuruti keinginan orang tuanya.
  • Anak Tantrum Anak kadang mengamuk, menangis, berteriak, menendang, berguling jika keinginannya tak dipenuhi. Tetaplah tenang dan ajak si kecil ke tempat yang lebih tenang.

Tumbuh kembang anak bulan ke-20, sudah pintar meniru perilaku dan ucapan orang lain. Sudah mulai tertarik untuk menggambar, menendang bola, dan main air. Sudah paham instruksi sederhana, seperti diminta mengambil sesuatu.