sign up SIGN UP search


Bulan 2

Bulan 3

Bulan 4
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Sering Tersenyum

Berat 5,8 - 6,4 kg
Tinggi 59,8 - 61,4 cm

Usia 3 bulan menandai waktu menyenangkan antara Bunda, Ayah dan buah hati. Si kecil akan memiliki keterampilan baru, seperti:

Banyak tersenyum
Si kecil akan lebih banyak tersenyum saat menatap orang tua atau orang lain yang berada di dekatnya, Bunda. Mereka akan tersenyum hingga tertawa ketika dikelitik, ditiup perutnya, dan diajak main cilukba.

Menirukan suara
Anak mulai menirukan bunyi maupun intonasi suara orang dewasa. Mereka juga mulai membuat suara 'aah' dan 'uuh'.

Kemampuan tangan dan kaki lebih baik
Si kecil bisa menggenggam benda dengan ukuran sedang tetapi masih kesulitan memegang benda berukuran kecil. Kadang, benda-benda tersebut dimasukkan ke mulutnya. Mereka juga sudah bisa melambaikan tangan. Bahkan, kadang membuka dan menutup tangannya.

Sementara kakinya bisa menendang dengan kuat. Bahkan, si kecil juga mulai menjejakkan kakinya saat diberdirikan di permukaan yang datar.

Berguling dan mengangkat dada
Si kecil mulai bisa berguling-guling lho, Bun. Selain itu, dia juga akan mengangkat kepala hingga 90 derajat dan dadanya ketika ditengkurapkan.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi Hepatitis B dosis kedua, Polio dosis kedua, DPT dosis kedua, dan Hib dosis kedua.
  • Konsultasi ke Dokter Pertumbuhan dan perkembangan si kecil harus dipantau tiap bulan dan meski perkembangan bayi berbeda, namun jika ada beberapa tahapan yang tak bisa dilakukan maka Konsultasi ke Dokter. Tak cuma si kecil, jika Bunda mengalami gangguan makan dan tidur, gejala stres atau depresi, periksakan diri ke dokter.
  • Jangan Beri Air dan Makanan Padat Jangan dulu diberi air karena membuatnya kehilangan selera pada ASI dan makanan padat dilarang karena anak belum mampu menelannya.
  • Jauhkan dari Benda Berbahaya Karena si kecil mulai bisa meraih dan memasukkan benda ke mulutnya, jauhkan benda yang berisiko membahayakannya dan jangan tinggalkan sendiri ketika bayi sedang bermain. Selain itu, cek dan ganti popoknya secara berkala untuk menghindari ruam.

Bunda Baiknya
  • ASI Eksklusif ASI Eksklusif atau susu formula khusus karena ASI ibu tidak keluar atau sedikit adalah yang paling baik diberikan pada bayi usia ini. Bunda menyusui juga rajin-rajin pumping untuk menambah stok ASIP untuk buah hati.
  • Bangun Bonding Bangun ikatan dengan bayi untuk bantu meningkatkan perkembangannya. Misalnya, perdengarkan musik dan bacakan cerita atau ajak keliling ruangan untuk mengenalkan benda yang dilihatnya.
  • Buat Rutinitas Tidur Untuk Si Kecil Supaya si kecil lebih tenang di malam hari, ajak beraktivitas lebih banyak di siang hari. Selain it, mandikan anak dengan air hangat sebelum tidur, redupkan lampu kamar, dan buat ritual pengantar tidur, seperti memijatnya atau membacakan dongeng untuknya.

Apa Bunda Merasakan
  • Sariawan dan Infeksi Candida Ini bisa terjadi pada mulut anak dan payudara Bunda karena ibu mengonsumsi antibiotik. Misalnya, saat mengobati mastitis.
  • Anak Demam Setelah Imunisasi Demam biasanya muncul 24 jam setelah vaksin diberikan dan berlangsung antara 1-2 hari. Jika demam lebih dari 38,5 derajat, lewat dari 3 hari dan si kecil jadi malas menyusu, segera ke dokter.
  • Bunda Mengalami Stretch Marks Lakukan perawatan untuk memudarkannya, seperti mengaplikasikan oil atau krim dan memberikan pijatan di area tersebut.

Tumbuh kembang anak bulan ke-3, kemampuannya berkembang seperti lebih banyak tersenyum saat menatap Bunda. Beberapa bayi akan mulai menirukan intonasi dengan melakukan cooing 'aah' dan 'uuh'.