sign up SIGN UP search


Bulan 20

Bulan 21

Bulan 22
fase-anak

Anak Bunda Mengenal Anggota Tubuh

Berat 10,9 - 11,5 kg
Tinggi 83,7 - 85,1 cm

Pada usia 21 bulan, gigi geraham si kecil mulai tumbuh. Mereka sudah bisa berlari, berjongkok, melempar bola dengan tangannya, memanjat, dan berusaha melompat. Keterampilan lain yang dikuasinya, yakni:

Mengenal anggota tubuh
Si kecil mulai mengenal beberapa anggota tubuhnya, seperti mata, hidung, mulut dan lainnya. Ketika ditanya mata, si kecil akan memegang anggota tubuh tersebut atau sambil menyebut namanya.

Kemampuan bicara
Si kecil mulai menguasai 20 kata. Mereka juga dapat menyatukan dua kata untuk membuat frasa, meski belum jelas.

Melakukan aktivitas sendiri
Si kecil mulai ingin melakukan aktivitas pribadi sendiri nih, Bun. Misalnya, memakai sandal atau sepatu sendiri.

Kemampuan lain
Si kecil suka bernyanyi dan mendengar musik, semakin baik memegang gelas, ikatan emosionalnya makin kuat dengan orang tua. Namun pada usia ini, mereka cenderung menunjukkan perilaku agresif, seperti memukul, menggigit, menggaruk ketika frustrasi atau kesal.



Bunda Jangan Lupa
  • Kunjungi Dokter Jika ada masalah dengan perkembangannya. Misal, menjadi penyendiri dan kehilangan kemampuan yang sudah bisa dilakukan atau ketika tidur mendengkur dan bernapas lewat mulut padahal tidak pilek.
  • Amati dan Awasi Perilaku Anak Saat anak tidak dapat mengomunikasikan semua yang ingin dikatakan akan menyebabkan tantrum. Karena itu, saat anak berperilaku positif, katakan Bunda menyukainya dan sebaliknya. Selain itu, awasi setiap gerak-gerik anak agar terhindar dari bahaya karena kelincahannya.

Bunda Baiknya
  • Ajari Anak Beberapa Hal Ajari anak memakai baju, minum dari gelas supaya tidak tersedak, sering ajak bicara serta asah pemahamannya tentang hari dan waktu.
  • Libatkan Anak Dalam Kegiatan Rumah Tangga Libatkan anak dalam kegiatan rumah tangga yang sederhana karena mereka akan senang.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Agresif Perilaku ini bukan karena mereka sengaja jahat, tetapi hanya karena ingin bereksperimen dengan gerakan atau perilaku baru.
  • Anak Picky Eater Anak usia ini cenderung pemilih terhadap makanan. Mereka mungkin hanya ingin makan makanan yang sering mereka makan atau ingin mencoba yang baru. Bunda bisa lebih kreatif menyajikan beberapa makanan yang disukai anak.

Tumbuh kembang anak bulan ke-21, gigi geraham mulai tumbuh. Selain itu juga sudah bisa melempar bola dengan tangannya dan juga melompat. Ia sudah bisa mengenal anggota tubuhnya seperti mata, hidung, mulut, dan lainnya.