sign up SIGN UP search


Bulan 26

Bulan 27

Bulan 28
fase-anak

Anak Bunda Suka Melakukan Pengulangan

Berat 12,6 - 13,1 kg
Tinggi 87,8 - 89,1 cm

Bunda akan semakin sibuk ke depannya karena di usia ini, si kecil mengembangkan semua keterampilan sosial, emosional, dan fisiknya, seperti:

Melakukan pengulangan
Si kecil senang melakukan banyak hal berulang kali. Misalnya, mereka akan melihat buku dongeng dan minta Bunda membacakannya berkali-kali seolah tidak pernah bosan. Ambil sisi positifnya Bunda karena hal ini justru membantu perkembangan otak, imajinasi dan perbendaharaan kata si kecil.

Kemampuan bicara
Si kecil bisa menggunakan atau merangkai sekitar 200 kata. Selain itu, mereka juga mulai bisa menyebut namanya dengan lengkap atau nama temannya. Pelafalannya mulai jelas dan bisa memberi tahu apa yang mereka lakukan dan yang terjadi sepanjang hari.

Keterampilan lain
Si kecil suka bermain dengan mainan yang kompleks seperti puzzle dan fokus pada satu aktivitas. Mereka mulai menunjukkan emosi yang kuat, tahu apa makanan yang disuka dan tidak hingga berdiri sendiri ketika jatuh.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Meski perkembangan anak berbeda, namun jika anak tidak mencapai tahap perkembangan di usianya atau kehilangan kemampuan yang dimilikinya.
  • Tetapkan Aturan Bantu anak memahami dan mengikuti aturan. Misalnya aturan berpegangan tangan saat menyeberang jalan. Jaga aturan dengan jelas dan konsisten, namun bersabar saat si kecil belajar mengikutinya.
  • Jadi Contoh Anak Anak di usia ini masih gemar meniru. Karena itu, jika anak ingin menjadi baik maka lakukan hal dan ucapkan kata yang baik agar dicontoh anak.

Bunda Baiknya
  • Kembangkan Kreativitas Anak Kemampuan menggenggam anak makin baik. Karena itu, beri buku dan pensil warna untuk mengembangkan kreativitasnya. Selain itu, Bunda bisa mulai mengenalkan buku gambar dan mengenalkan objek maupun hewan.
  • Jangan Marahi Anak Jangan marahi anak ketika makannya tak habis atau membuat rumah berantakan dan salah berbicara karena dapat memengaruhi upayanya belajar di masa depan. Sebaliknya, ucapkan kembali kata atau kalimat tersebut yang benar dengan suara jelas tanpa kritik. Lalu berikan banyak pujian saat anak mencoba melakukannya dengan benar.
  • Kreatif Menyediakan Makanan Anak pada masa ini tahu apa yang disukai dan tidak, termasuk makanan. Karena itu, supaya tidak jadi pemilih, Bunda harus kreatif dalam menyediakan makanan untuk buah hati.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Takut Di usia ini anak biasanya mulai memperlihatkan rasa takut, seperti takut pada orang asing atau tempat. Untuk mengatasinya, coba bantu anak melawan rasa takut tersebut.
  • Anak Menuntut Biasanya saat ada dorongan yang melintas di benak anak, mereka ingin melakukannya tidak peduli tepat atau tidak. Akan muncul beberapa perdebatan saat melarangnya, tapi Bunda tetap harus mertimbangkan keinginannya dengan bijak ya.
  • Anak Tantrum Jika anak tantrum, alihkan perhatian ke game atau hal positif. Tantrum karena anak ingin mendapatkan yang mereka mau jadi sabarlah, tapi Bunda harus tegas dan tidak mudah menyerah dengan keinginan anak.

Tumbuh kembang anak bulan ke-27, suka melakukan sesuatu berulang kali seperti misalnya membaca buku. Kemampuan bahasanya meningkat menjadi sekitar 200 kata. Mulai suka permainan yang lemih kompleks seperti puzzle.