sign up SIGN UP search


Bulan 27

Bulan 28

Bulan 29
fase-anak

Anak Bunda Mulai Belajar Berteman

Berat 12,75 - 16,1 kg
Tinggi 88,9 - 96,6 cm

Pada usia 28 bulan atau 2 tahun 4 bulan, keterampilan dan kemandirian anak makin berkembang. Berikut ini beberapa keterampilan baru si kecil:

Belajar berteman
Rasa penasarannya si kecil semakin besar dan mereka mulai menunjukkan minatnya kepada orang lain dan menjadi lebih ramah terhadap anak seusianya. Si kecil juga akan mulai mencoba untuk berteman dengan anak lain, namun mereka masih sedikit egois.

Kemampuan bicara
Si kecil akan mempelajari kata-kata baru dengan kecepatan yang menakjubkan, Bun. Mereka mampu mendeskripsikan sesuatu dengan kata-kata yang berbeda. Selain itu, si kecil juga akan menggunakan kata-kata untuk meminta sesuatu.

Meski demikian, mereka kadang sulit mengeskpresikan emosinya dengan kata-kata, sehingga menggunakan tindakan seperti memukul, menendang, mendorong atau melempar barang.

Kemampuan lain
Si kecil menjadi lebih imajinatif dan kreatif. Beberapa anak mungkin takut mencoba hal baru tapi lainnya menunjukkan lebih bebas dan berani. Selain itu, kemampuan berlari, memanjat dan bergerak si kecil lebih cepat.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Jika anak belum bisa bicara dan mengalami masalah dalam tahapan tumbuh kembangnya atau kehilangan kemampuan yang dimiliki dan masalah kesehatan, seperti batuk atau pilek yang tak kunjung reda.
  • Atur Waktu Main dan Tidur Batasi waktu main anak dan konsisten menjaga waktu tidurnya. Ini supaya anak tidak rewel dan kelelahan serta membantu tumbuh kembangnya. Anak usia ini butuh 13-14 jam waktu tidur, dengan sekitar 11-12 jam tidur malam dan tidur siang 1,5-3 jam.
  • Beri Makanan Bergizi Penuhi gizi anak, terutama makanan yang mengandung zat besi karena anak pada usia ini sering mengalami anemia.

Bunda Baiknya
  • Ajari Bersosialisasi Dorong si kecil bersosialiasi dengan anak sebayanya supaya teman yang dimiliki makin banyak. Selain itu, bantu anak berinteraksi tanpa rasa posesif yang bisa memicu pertengkaran.
  • Bantu Anak Mengekspresikan Diri Beri pemahaman kepada anak untuk tidak melakukan tindakan kasar ketika frustrasi. Ajarkan untuk mengekspresikan diri tanpa menyakiti atau membuat keributan. Bunda juga bisa memeluk atau melakukan tindakan lain untuk menenangkannya.
  • Ajari Anak Berbagi Anak belum mengerti arti berbagi dengan teman-temannya. Karena itu, latih anak untuk berbagi di rumah, baik makanan atau mainan.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Penakut atau Pemberani Jika anak menjadi penakut, bantu melawan rasa takut tersebut. Namun jika anak terlalu berani melakukan hal-hal tertentu maka Bunda harus ekstra hati-hati mengawasi dan singkirkan benda-benda yang bisa membahayakan dirinya.
  • Tidak Doyan Makan Bunda harus lebih bersabar dan tenang saat waktu makan tiba. Jangan biasakan memberikannya camilan supaya saat lapar, anak akan mengonsumsi makanan utama.

Tumbuh kembang anak bulan ke-28, lebih mandiri. Rasa penasarannya semakin besar dan lebih ramah dengan anak seusinya. Kemampuannya mempelajari kata-kata baru semakin menakjubkan.