sign up SIGN UP search


Bulan 28

Bulan 29

Bulan 30
fase-anak

Anak Bunda Mulai Menggunakan Kata Ganti

Berat 12,9 - 16,4 kg
Tinggi 89,7 - 97,5 cm

Si kecil pada usia 29 bulan akan mempelajari keterampilan baru. Setelah belajar berteman, mereka akan memiliki keterampilan, seperti:

Menggunakan kata ganti
Si kecil sudah berbicara dalam kalimat tapi belum sempurna. Mereka akan mulai menggunakan kata ganti aku untuk menyebut dirinya, kamu, dia dan kita dalam kalimat. Si kecil juga mulai mengajukan pertanyaan saat sedang dibacakan cerita.

Mereka juga bisa menyusun dan merangkai kalimat dengan lebih dari dua kata lho, Bun. Namun, kalimat yang diucapkan si kecil belum tersusun baik. Selain itu, dia juga sudah mengenali beberapa warna dan mengucapkannya.

Mulai memperhatikan sekitar
Rasa ingin tahu si kecil sangat besar, sehingga mulai memeriksa dan memerhatikan segala sesuatu di sekitarnya. Jika ada sesuatu yang menarik perhatiannya, si kecil akan langsung mendekati.

Kemampuan lain
Si kecil tahu apa yang diinginkan, mulai bisa merasa serta mengungkapkan penyesalan dan minta maaf setelah tidak sengaja menyakiti orang lain. Namun anak usia ini belum bisa diajak untuk berbagi.



Bunda Jangan Lupa
  • Bawa ke Dokter Selain masalah perkembangan, Bunda harus memperhatikan gejala dari beberapa penyakit yang dialami anak usia ini, seperti diare, batuk dan demam.
  • Konsisten dengan Rutinitas Tidur Rutinitas tidur penting bagi anak demi tumbuh kembangnya dan supaya tidak rewel.

Bunda Baiknya
  • Kembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Bacakan cerita, bernyanyi bersama dan mengobrol sambil bermain untuk mengembangkan komunikasi anak dan mengajarkan sesuatu yang baru.
  • Sabar Ketika anak tantrum, Bunda lebih baik sabar dan jangan marah atau memarahi anak. Peluk atau beri tahu dengan cara yang lembut karena teriak atau marah justru akan membuat kondisi lebih buruk.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Susah Makan Sayur Bunda bisa mengajari dan memberi contoh dengan tetap mengonsumsi sayuran atau kreatif mengolah sayuran supaya anak tertarik untuk mengonsumsinya.
  • Anak Merengek Jika anak merengek karena menginginkan sesuatu, jangan memberikan apa yang mereka inginkan dengan cara itu karena mereka akan merengek kembali untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Tumbuh kembang anak bulan ke-29, bisa merangkai kalimat sederhana. Sudah bisa memakai kata ganti kamu, dia, dan menyebut namanya. Sudah bisa menunjukkan rasa menyesal dan mengucap maaf.