sign up SIGN UP search


Bulan 29

Bulan 30

Bulan 31
fase-anak

Anak Bunda Mulai Mandiri

Berat 13,6 - 16,6 kg
Tinggi 90,4 - 98,3 cm

Anak usia 30 bulan atau 2,5 tahun semakin pintar dan makin banyak keterampilan yang dimilikinya lho, Bunda. Keterampilan itu, seperti:

Mulai mandiri
Si kecil makin mandiri dan ingin melakukan sesuatu sendiri. Mereka bisa memilih pakaian yang akan dikenakannya dan memakainya sendiri, menyikat gigi sendiri, dan makan sendiri.

Kemampuan bicara
Kemampuan bicara si kecil makin baik. Ucapan dan pelafalannya makin jelas, dan bisa menggunakan tiga atau empat frasa. Mereka juga bisa membedakan beberapa kata sederhana, seperti atas dan bawah.

Memahami gender
Si kecil mulai memahami gagasan gender dan tahu bahwa laki-laki menjadi laki-laki dan perempuan menjadi perempuan. Karena itu, Bunda sebaiknya mencoba menghindari stereotip dan mengajarkan tentang kesetaraan gender.

Kemampuan lain
Sebagian anak menyebut dirinya sendiri dengan nama, mudah menirukan ucapan orang lain dan bermain pura-pura atau peran, senang berjalan naik turun tangga, menendang dan melempar bola, serta melompat. Selain itu, si kecil juga mulai mengurutkan sesuatu berdasarkan warna, bentuk dan ukuran dan mampu memberitahu kapan harus mengganti popok atau ke toilet.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Anak bisa diberikan imunisasi varisela. Sebenarnya imunisasi ini sudah bisa diberikan ketika anak berusia 12 bulan. Imunisasi ini untuk melindungi anak dari cacar air.
  • Perhatikan Asupan Makanan Sediakan makanan yang sehat dan kurangi asupan gula pada makanan si kecil.
  • Konsultasi ke Dokter Jika anak tidak mengenali emosi sederhana, belum bisa bicara dan kehilangan kemampuan yang pernah dimiliki atau ada masalah pada perkembangan lainnya.

Bunda Baiknya
  • Latih Kemandirian Anak Biarkan anak melepas atau menggunakan pakaiannya sendiri, menyikat gigi sendiri dan mencuci tangan sendiri. Selain itu, ajari anak menggunakan alat tulis karena mereka mulai suka mencorat-coret.
  • Hindari Stereotip Bunda harus bicara kepada anak tentang semua pekerjaan luar biasa yang bisa dilakukan dan belajar banyak hal yang berbeda.
  • Ajari Anak Tanggung Jawab Latih anak untuk merapikan mainannya atau membersihkan sesuatu yang dikotorinya. Selain itu, Bunda juga bisa mengajarkan sopan santun dengan cara memberinya contoh.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Banyak Bertanya Berulang-ulang Di usia ini anak makin banyak mengajukan pertanyaan berulang-ulang. Nah, Bunda harus tetap sabar dan berikan penjelasan yang dimengerti si kecil ya.
  • Anak Sering Jatuh Karena anak makin aktif, suka berlari dan memanjat maka kemungkinan untuk terjatuh atau terluka akan semakin sering. Karena itu, Bunda perlu mengawasi anak ketika bermain.

Tumbuh kembang anak bulan ke-30, pelafalan kata semakin jelas dan bisa menggunakan 3-4 frasa. Sudah mulai memahami perbedaan gender laki-laki dan perempuan. Selain itu, mereka juga senang bermain peran.