sign up SIGN UP search


Bulan 3

Bulan 4

Bulan 5
fase-anak

Bayi Bunda Lebih Ekspresif

Berat 6,4 - 7 kg
Tinggi 62,1 - 63,9 cm

Di usia ini, si kecil bukan lagi seperti bayi baru lahir. Usia 4 bulan adalah tonggak perkembangan otak dan fisik utama anak. Keterampilannya mulai bertambah, seperti:

Lebih ekspresif dan responsif
Si kecil akan membuat suara dengan konsonan seperti 'b' atau 'm' untuk mengekspresikan perasaannya. Mereka akan memberi tahu kapan sedih lewat tangisan. Karena itu, tangisan bayi usia 4 bulan berbeda saat lapar, bosan, mengantuk atau sakit.

Nah, si kecil juga akan mengulangi perilaku jika senang atau tertarik dengan respons sekitar.

Duduk dengan bantuan
Selain bisa berguling dan berputar, si kecil juga sudah bisa duduk dengan bantuan. Mereka juga bisa menahan berat badannya saat didirikan lho, Bun.

Koordinasi tangan dan mata makin baik
Kemampuan memegang dan menggenggamnya semakin baik. Mereka bisa memegang benda dengan satu tangan dan memindahkan ke tangan yang lain dan mengayunkannya.

Penglihatan si kecil juga sudah jernih dan mampu menikmati berbagai bentuk, pola, dan warna. Matanya mulai mengikuti benda bergerak, dan mengenali orang dari kejauhan.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi Hepatitis B dosis ketiga, Polio dosis ketiga, DPT dosis ketiga, Hib dosis ketiga, PCV dosis kedua, dan Rotavirus dosis kedua.
  • Bawa ke Dokter Catat tumbuh kembang anak dan jika ada masalah dalam tumbuh kembang dan kesehatannya. Misal, tidak merespons, tidak mengikuti gerakan benda di depannya atau kejang.
  • Pastikan Lingkungan Sekitar Bayi Aman Anak dalam tahap ini senang mengeksplorasi dan mulai mengambil apapun yang ditemukan. Jauhkan benda atau mainan yang bisa membahayakannya dan selalu awasi si kecil.

Bunda Baiknya
  • Pastikan Anak Terhidrasi dengan Baik Rata-rata jumlah ASI yang dibutuhkan anak 1-6 bulan 750 ml per hari. Tapi berikan ASI sebanyak yang mereka mau, terutama setelah mereka muntah.
  • Sering Ajak Anak Bermain Ajak bermain dan berkomunikasi untuk meningkatkan perkembanganya. Berikan mainan dengan tekstur lembut dan berbeda untuk membantunya bereksplorasi.
  • Jaga Kesehatan Pada bulan ke-4, Bunda pekerja sudah kembali bekerja. Supaya fisik tidak drop, makanan yang dikonsumsi harus bergizi dan cukup minum agar terhindar dari dehidrasi.

Apa Bunda Merasakan
  • Pola Tidur Berubah Si kecil akan sering bangun di malam hari dan sulit tidur kembali atau bangun di jam-jam tak biasa, lalu menolak untuk tidur. Ini akan memberi imbas pada jam tidur Bunda.
  • Frekuensi Menyusu Anak Berkurang Anak usia 0-3 tahun menyusu rata-rata 2-3 jam tapi memasuki 4 bulan menjadi tiap 3-4 jam atau lebih.

Tumbuh kembang anak bulan ke-4, sudah mulai bisa membuat suara dengan konsonan seperti 'B' atau 'M'untuk mengekspresikan perasasannya. Bayi akan mengulangi perilaku jika senang atau tertarik pada sesuatu.