sign up SIGN UP search


Bulan 4

Bulan 5

Bulan 6
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Suka Mengoceh

Berat 6,9 - 7,5 kg
Tinggi 64 - 65,9 cm

Di usia ini, Bunda dan buah hati akan mengalami transisi atau perubahan yang cukup besar. Perkembangan fisik dan kognitif si kecil mulai tercapai, seperti:

Mengenali bunyi dan suka mengoceh
Si kecil mulai mengenali bunyi-bunyi di sekitarnya dan akan mencari-cari suara yang didengarnya atau ketika namanya dipanggil. Si kecil juga sering mengoceh dan meniru bahasa, seperti suara bergema. Kadang, mereka terlihat bicara sendiri sambil melihat mainan di tangannya atau mainan yang menggantung, dan ketika bercermin.

Mengangkat tubuh dan duduk tegak
Ketika tengkurap, si kecil mampu mengangkat tubuhnya sendiri tanpa bantuan. Mereka juga bisa duduk tegak dengan bantuan. Namun, beberapa anak mungkin sudah bisa mendorong tubuhnya ke posisi duduk.

Penglihatan lebih baik
Penglihatan si kecil jauh lebih baik dan bisa membedakan gradasi warna yang sama. Mereka juga suka menikmati lebih banyak pola, bentuk, dan warna.

Menggapai mainan
Si kecil sudah bisa menggapai dan memegang mainan dengan tangannya. Bahkan, mereka bisa menjangkau objek yang ditemukan di dekatnya.



Bunda Jangan Lupa
  • Awasi Bayi Pastikan lingkungan sekitar bayi aman dan simpan barang berbahaya dari jangkauannya. Beri perhatian ekstra karena anak makin aktif bergerak.
  • Pantau Pertumbuhan dan Kesehatan Buah Hati Jika anak demam atau lemas atau matanya tidak mengikuti pergerakan benda atau orang di sekitarnya, periksakan ke dokter. Jika belum bisa duduk, buat dia tengkurap untuk memperkuat otot lehernya yang jadi dasar untuk duduk.

Bunda Baiknya
  • Teruskan ASI Eksklusif ASI Eksklusif atau susu formula khusus sebaiknya masih diberikan pada usia ini. Makanan padat atau MPASI bisa diberikan dengan kondisi tertentu, misal kenaikan berat badannya tak memenuhi syarat.
  • Perkenalkan ke Lingkungan Kenalkan si kecil ke orang-orang sekitar dan lingkungan baru, seperti mal atau taman. Selain itu, kenalkan kata-kata baru kepadanya.
  • Latih Anak Duduk Perbanyak tummy time supaya otot kepala, leher, pundak, dan punggung si kecil semakin kuat sebagai dasar untuk bisa duduk. Letakkan mainan di depannya saat tummy time menguatkan ototnya saat mencoba meraih mainan.

Apa Bunda Merasakan
  • Siklus Tidur Anak Lebih Baik Kemungkinan pola tidur anak pada usia ini akan lebih baik dan tidur sepanjang malam jika tidak ada yang mengganggu dan perutnya kenyang. Dengan begitu, Bunda memiliki waktu tidur dan istirahat lebih banyak.
  • Anak Mudah Lapar Seiring pertumbuhannya, anak menjadi mudah lapar. Bunda bisa sering-sering menyusuinya.

Tumbuh kembang anak bulan ke-5, akan mulai menoleh ketika namanya dipanggil. Bayi sudah bisa tengkurap dan mengangkat tubuhnya sendiri tanpa bantuan. Sementara penglihatannya juga sudah lebih tajam.