sign up SIGN UP search


Bulan 5

Bulan 6

Bulan 7
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Belajar Merangkak

Berat 7,3 - 7,9 kg
Tinggi 65,7 - 67,6 cm

Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah bisa melakukan banyak hal nih Bunda, seperti:

Belajar merangkak
Sebagian anak pada usia ini sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan. Setelah berhasil duduk, tubuh si kecil akan maju mundur, menandakan bayi mencoba untuk merangkak.

Kemampuan celotehnya meningkat
Si kecil akan sering berceloteh, dengan mengeluarkan kata 'm' atau 'b' dan merangkai bunyi vokal bersama ketika berbicara seperti 'eh, oh, dan ah'. Mereka akan sering berceloteh ketika senang.

Kemampuan lain
Si kecil suka menyentuh tekstur berbeda karena belajar tentang hal baru melalui rasa dan sentuhan, membuat suara spesifik yang berhubungan dengan emosi, dan menanggapi ketika seseorang mengajak bicara.

Selain itu, si kecil juga mulai fokus pada suatu objek, dan tertarik dengan mainan yang mengeluarkan suara. Mereka juga suka melihat diri sendiri di cermin, menirukan suara dan meniupkan gelembung dari mulutnya.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi PCV dosis ketiga dan rotavirus dosis ketiga.
  • Konsultasi ke Dokter Jika tumbuh kembangnya dan kesehatan anak tidak baik, seperti tidak bisa duduk sendiri, tidak bisa menyangga kepalanya dengan tegak, tubuh kaku atau lemas.
  • Berikan MPASI Jika si kecil sudah bisa mengunyah dan menelan, berikan MPASI. Finger food atau makanan yang dipotong-potong bisa jadi pilihan pertama MPASI. Bunda bisa berikan pisang, keju atau bahan segar lainnya. Tapi awasi ya Bun, supaya si kecil tidak tersedak.

Bunda Baiknya
  • ASI Bisa Dilanjutkan Meski anak sudah diberi MPASI, namun ASI masih bisa diberikan.
  • Berikan Mainan Mainan yang dapat diberikan untuk membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangannya. Pastikan lingkungan bermainnya aman karena anak sudah bisa merangkak. Jika anak belum bisa merangkak, letakkan mainan agak jauh darinya untuk mendorongnya untuk belajar merangkak.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Menjadi Lebih Manja Anak merasa nyaman dan aman ketika bersama ibunya. Ketika Bunda hilang dari pandangannya, biasanya dia akan menangis.
  • Anak Mudah Berkeringat Karena makin aktif, si kecil mudah berkeringat. Mandikan bayi setiap hari dan kenakan pakaian yang nyaman. Selain itu, sering ganti popoknya supaya tidak menyebabkan ruam atau rasa tidak nyaman.
  • Anak Lebih Banyak Tidur Anak akan lebih banyak tidur sepanjang malam. Mereka juga tidur sampai tiga kali di siang hari.

Tumbuh kembang anak bulan ke-6, sebagian sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan. Bayi suka menyentuh tekstur berbeda melalaui rrasa dan sentuhan. Bayi juga mulai menerima makanan padat pertamanya.