sign up SIGN UP search


Bulan 7

Bulan 8

Bulan 9
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Belajar Berdiri

Berat 7,6 - 8,3 kg
Tinggi 68,7 - 70 cm

Setelah mampu duduk dan merangkak, memasuki usia 8 bulan, fase perkembangan si kecil semakin meningkat, seperti:

Belajar berdiri
Si kecil mulai bisa mengangkat dirinya dan berdiri dengan bantuan orang dewasa atau dengan berpegangan pada benda seperti meja atau kursi. Sebagian anak, akan berpegangan pada furnitur.

Kemampuan memegang makin baik
Si kecil bisa mengambil benda dengan satu tangan dan dapat memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan lainnya. Mereka juga sering memasukkan benda ke mulutnya. Si kecil pun sudah bisa memegang finger food lho, Bun.

Memanggil mama papa
Sebagian anak mungkin sudah bisa memanggil orang tuanya dengan panggilan mama dan papa, meski belum begitu jelas.

Kemampuan lain
Beberapa anak sudah mengerti arti sebuah kata dan konsep sebab-akibat, mampu menganggukkan kepala, merespons pertanyaan, tertarik mendengar cerita, dan melihat apa pun ke berbagai arah. Selain itu, si kecil akan senyum sendiri atau merespons senyuman orang lain.



Bunda Jangan Lupa
  • Pantau Perkembangan Anak Bunda harus memantau perkembangan dan kesehatan anak. Jika ada masalah atau keterlambatakan bisa memeriksakannya ke dokter.
  • Kenalkan Variasi Makanan Biasanya saat makanan padat meningkat, ASI yang dikonsumsi akan berkurang. Karena itu, kenalkan variasi finger food bergizi dan temani si kecil saat makan.
  • Jauhkan dari Benda Berbahaya Misalnya, alat kosmetik, koin atau benda lain yang bisa membuat anak tersedak atau risiko bahaya lainnya.
  • Konsultasi ke Dokter Jika ada keterlambatan atau masalah perkembangan, di antaranya anak belum bisa mengoceh dan tertawa, serta sulit menggerakkan tubuhnya, tidak merespons kasih sayang orang tua, tidak bertambah berat badan, mengalami alergi atau diare.

Bunda Baiknya
  • ASI Masih Bisa Diberikan Anak 8 bulan akan mengonsumsi 709 sampai 945 ml ASI dengan pemberian 3 sampai 5 kali sehari.
  • Stimulasi Anak Ajak anak bicara, bernyanyi atau membuat suara, dan bacakan buku bergambar. Kenalkan anak permainan yang menjelaskan konsep sebab dan akibat, biarkan anak makan sendiri untuk melatih kekuatan otot jari tangan saat menggenggam.

Apa Bunda Merasakan
  • Puting Bunda Digigit Menggigit puting merupakan satu cara anak menarik perhatian. Beri tahu bahwa hal itu tidak boleh dilakukan.
  • Anak Sulit Mengunyah Tekstur makanan baru yang dikenalnya membuat anak sulit mengunyah. Jika terus terjadi hingga bikin si kecil tersedak, sebaiknya Konsultasi ke Dokter.
  • Konsumsi ASI Berkurang Pada fase ini, konsumsi ASI atau susu anak mungkin berkurang. Itu karena dia sudah mulai mengonsumsi MPASI.

Tumbuh kembang anak bulan ke-8, mulai bisa berdiri dengan berpegangan pada benda. Anak juga mulai sering memasukkan benda ke mulutnya. Mulai mengucapkan kata mama, tapi belum jelas terdengar.