aktivitas

Bunda Perlu Tahu, 3 Manfaat Musik untuk si Kecil

Amelia Sewaka Jumat, 04 Agu 2017 - 13.25 WIB
Manfaat musik bagi anak/ Foto: Hassan/detikcom Manfaat musik bagi anak/ Foto: Hassan/detikcom
Jakarta - Suka mendengarkan musik bareng si kecil, Bun? Selain mungkin bisa menenangkan anak, ada manfaat lainnya nggak sih?

Untuk tahu apa saja manfaat musik buat anak, HaiBunda sudah merangkumnya nih buat Bunda semua. Yuk disimak bersama.

1. Meningkatkan Kemampuan Akademis

Manfaat musik bagi anakManfaat musik bagi anak Foto: Facebook Annisa Citra

Menurut Lynn Kleiner, pendiri Music Rhapsody di Redondo Beach, California, musik dan matematika itu saling terkait lho. Iya, soalnya dengan memahami irama, ritme dan skala, anak-anak belajar membagi, membuat pecahan dan mengenali pola. Tampaknya musik menggerakkan otak anak untuk membantunya memahami bidang matematika lainnya.

Kalau kata Mary Larew, guru biola Suzuki di Neighborhood Music School di New Haven, Connecticut, kelas alat musik juga mengenalkan anak kecil pada fisika dasar. Misalnya, memetik senar gitar atau biola mengajarkan anak-anak tentang getaran harmonis dan simpatik.

Bahkan instrumen non-senar, seperti drum dan vibraphone, memberi anak-anak besar kesempatan untuk mengeksplorasi prinsip-prinsip ilmiah ini.

"Menggunakan perangkat mnemonik untuk melakukan ini adalah metode yang nantinya bisa diterapkan pada keterampilan memori lainnya" kata Mary.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Disiplin Diri

Manfaat musik untuk anakManfaat musik untuk anak Foto: Thinkstock


Susan Hallam, profesor psikologi pendidikan dan musik di Institute of Education (IoE), University of London, mengevaluasi sebuah program yang dikembangkan oleh Apollo Music Projects yang mengenalkan anak-anak berusia tujuh sampai sepuluh tahun kepada musik klasik dan komposernya.
Skema ini melibatkan seluruh elemen sekolah yang diikuti oleh enam pelajaran, dengan anak-anak yang memiliki instrumen dan konsep musik dan konser formal yang berbeda. Musisi menjelaskan apa yang harus didengarkan anak-anak dan meluncurkan sesi tanya jawab.

Dalam laporan mengenai skema tersebut, Profesor Hallam mengatakan bahwa keterampilan mendengarkan dan keterampilan lain pada anak-anak telah berkembang dengan baik, termasuk konsentrasi dan disiplin diri.

"Bagi beberapa anak, program ini sangat inspirasional. Reaksi positif anak-anak menunjukkan bahwa mereka 'bertelinga terbuka' dan tidak mengembangkan prasangka terhadap musik klasik," terangnya.

3. Menumbuhkan Kreativitas

Manfaat musik bagi anakManfaat musik bagi anak Foto: Hassan/detikcom
Musik juga ditengarai bisa membantu anak untuk menumbuhkan kreativitas dan membuat mereka lebih santai ketimbang anak-anak yang tidak mendengarkan musik nih, Bun.

Menurut Dawn Rose, peneliti bidang psikologi musik dan tari di Universitas Hertfordshire menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar instrumen secara individual dianggap oleh orang tua dan guru mereka lebih santai daripada mereka yang hanya menerima pelajaran musik dalam suatu kelompok.

Anak-anak ini juga berpikir untuk menginternalisasi masalah mereka lebih sedikit dibandingkan anak-anak yang baru menerima sesi kelompok.

"Hal ini juga tercermin dalam penelitian saya yang melihat musisi dewasa, yang menjelaskan bahwa 'struktur sosial' seputar pembelajaran musik adalah hal-hal yang paling mereka hargai dan memiliki dampak terbesar pada kehidupan mereka," ucap Rose.

Nggak cuma itu Bun, musik bisa menumbuhkan kreativitas anak. Selain itu bisa memberi dorongan pada anak-anak untuk melakukan perjalanan ataupun pertukaran budaya di antara teman-teman di seluruh dunia.

Selain itu manfaat musik juga bisa dirasakan oleh Bunda yang lagi mengandung lho. Memperdengarkan musik pada janin diyakini bisa meningkatkan kemampuan mendengar, meningkatkan respons gerak bahkan membantu membentuk kepribadian si calon bayi nantinya, Bun.

Untuk ibu hamil apa harus mendengarkan musik klasik? Kalau kata dr Rini Sekartini, SpA sih nggak harus ya, Bun. Karena yang penting itu ibunya enjoy. Kalau musik klasik sering disarankan, itu sebenarnya karena musik klasik punya keteraturan sehingga lebih bikin ibu rileks dan santai.

(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi