aktivitas

Lagu Anak-anak Era 90-an Ini Oke Juga Dikenalkan ke si Kecil

Nurvita Indarini 25 Agu 2017
Mengenalkan lagu anak/ Foto: Thinkstock Mengenalkan lagu anak/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagi Bunda dan Ayah yang besar di era 90-an mungkin punya banyak kenangan indah. Zaman itu perkembangan internet belum sepesat saat ini. Ingat nggak Bun, dulu tiap hari Minggu kita sudah mandi dan sarapan lalu menunggu 'parade' film kartun favorit di televisi.

Selain itu di era 90-an banyak banget lagu-lagu anak yang enak didengar. Bahkan di televisi ada juga acara yang khusus menampilkan lagu anak-anak. Masih ingat ada lagu anak-anak apa saja?

Berikut ini beberapa lagu anak di era 90-an yang oke juga nih kalau dikenalkan pada si kecil. Jadi sambil bernostalgia masa kecil kita, bisa mengenalkan aneka lagu anak yang sarat makna juga nih ke anak-anak.

Baca juga: Foto: Dulu Penyanyi Anak-anak, Kini Udah Jadi Bunda

1. Si Nyamuk Nakal


"Banyak nyamuk di rumahku
Gara-gara kamu
Malas bersih-bersih
Banyak semut di rumahku
Gara-gara kamu
Malas bersih-bersih...."

Ingat dong, Bun, sama lagu ini? Ya, bener banget, ini adalah lagu "Si Nyamuk Nakal" yang dipopulerkan oleh Enno Lerian. Pesan moral dari lagu ini, kalau malas bersih-bersih rumah maka bisa mengundang kehadiran nyamuk, semut, lalat dan tikus.

Maissy, penyanyi cilik era 90-anMaissy, penyanyi cilik era 90-an Foto: Instagram/ist


2. Ci Luk Ba

"Ambil bukunya ambil pensilnya
Kita belajar bersama
Habis belajar kita bermain
Disko sya la la la (Ci luk ba)...."

Kalau lagu yang ini ingat juga kan, Bun? Betul banget, judulnya 'Ci Luk Ba' yang dinyanyikan oleh Maissy Pramaisshela. Pesannya di sini setelah belajar, kita bisa bersenang-senang dan bergembira dengan cara menyanyi bersama-sama.

Lagu-lagunya Maissy ini juga sekaligus mengigatkan sama gerak badan alias tariannya. Musiknya ceria dan saat itu Maissy juga aktif menggerakkan badannya dalam setiap lagu-lagunya. Kadang-kadang saya mengajak anak saya yang berusia tiga tahun untuk menyanyikan lagu ini sambil menari-nari. Selain bisa 'cari keringat' juga bikin kami berdua senang.

3. Cit Cit Cuit

"Cit cit cit cuit
Cit cit cit cuit
Burung bernyanyi
Tok tok tok petok
Tok tok tok petok
Ayam bertelur...."

Meski sudah bertahun-tahun lalu, tapi saya masih hafal benar lirik lagu Cit Cit Cuit yang dinyanyikan oleh Joshua. Lagunya simpel, tapi sarat makna. Dari situ, anak-anak mendapat pesan untuk melindungi dan menjaga binatang. Keren!

Baca juga: Keren! Video Bocah Nyanyi Lagu Whitney Houston Ini Jadi Viral

4. Si Lumba-lumba

"Lumba-Lumba ikan yang pintar
Bisa meniru kayak manusia
Selalu patuh kalau disuruh
Tetapi harus makan dulu...."

Kalau lagu Si Lumba-lumba, ingat kan siapa penyanyinya? Ya, Bondan Prakoso. Dari lagu ini anak-anak bisa mengenal salah satu mamalia laut yang pintar, yakni lumba-lumba. Kenapa lumba-lumba dikenal pintar? Nah, Bunda bisa mengajak si kecil mencari jawabannya bersama-sama.

5. Susan Punya Cita-cita

"Susan Susan Susan
Besok gede mau jadi apa
Aku kepingin pinter
Biar jadi dokter...."

Masih ingat juga nggak, Bun, dengan lagu berjudul Susan Punya Cita-cita ini? Dinyanyikan Ria Enes bersama bonekanya, Susan. Dari lagu ini, kita bisa mengenalkan cita-cita pada anak. Kejenakaan liriknya juga pasti bikin si kecil senang menyanyikannya.

6. Aku Cinta Rupiah

"Aku cinta rupiah Biar dolar di mana-mana
Aku suka rupiah, karena aku anak Indonesia...."

Pesan dari lagu Aku Cinta Rupiah yang dinyanyikan Cindy Cenora ini adalah agar anak lebih mencintai produk Indonesia. Masih ingat kan lirik lagunya?

7. Katanya

"Australia negri wool (katanya... katanya...)
Aborigin sukunya (katanya... katanya...)
Bumerang senjatanya (wow... wow...)
Kanguru binatangnya...."

Di era 90-an Trio Kwek-kwek terkenal banget ya. Lagu-lagunya juga easy listening banget. Sampai sekarang saya juga masih ingat benar lirik lagu-lagunya. Salah satunya lagu yang berjudul Katanya ini. Dari lagu ini, anak bisa menambah pengetahuan umumnya. Nggak cuma itu, di lagu ini juga ada nuansa cinta tanah airnya.

Baca juga: Gemas! Saat Selebgram Anak Kirana Nyanyi Lagu 'Mengenal Sentuhan'

8. Gigi Gigi


"....Hai teman teman
Janganlah lupa
Menggosok gigi
Gigi tak bersih kena penyakit
Aduh sakit sekali...."

Lagu Gigi Gigi yang dipopulerkan Chikita Meidy juga masih ingat kan, Ayah dan Bunda? Ini bisa jadi lagu tema gosok gigi anak, nih. Kalau buat anak-anak, salah satu hal yang menyenangkan adalah menyanyi. Nah, agar kegiatan menggosok gigi makin menyenangkan, kita bisa memotivasi mereka dengan lagu ini.

9. Menabung

"Jajan sih boleh saja
Sisihkan buat nabung
Belanja sih boleh saja
Tak lupa nabung...."

Lagu Menabung yang dipopulerkan Saskia dan Geofanny ini punya pesan moral yang kuat agar tidak hidup boros, melainkan menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Karena dari menabunglah, kelak kita bisa mewujudkan sesuatu yang telah lama diinginkan.

Dari lagu ini, kita bisa mengajarkan anak menabung. Mungkin awalnya menabung di celengan dulu. Soalnya nih, kalau anak sudah terbiasa mengeluarkan uang banyak untuk beli mainan dan apapun yang diinginkan tanpa usaha, khawatirnya kelak mereka jadi orang yang boros dan kurang menghargai uang. Padahal nyari uang kan nggak gampang, Nak.

10. Yess!

"....Makanya yang rajin belajar
Biar otaknya cerdas pintar
Semua tak ada yang susah
Berjuanglah terus jangan menyerah...."

Lirik lagu Yess! yang dinyanyikan Agnes Monica dan Eza Yayang ini juga sarat makna. Buat sukses itu nggak semudah membalik telapak tangan, butuh perjuangan. Meski perjuangannya berat, tapi jangan lantas menyerah. Wah, dalam banget ya. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi