aktivitas

Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil

Amelia Sewaka 10 Okt 2017
Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil (Foto: Getty Images) Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil (Foto: Getty Images)
Jakarta - Belanda, negara ini terkenal karena tata tertib dan kotanya yang rapi. Di Negeri Tulip ini semua serba teratur dan tepat waktu. Jika ingin mencari suasana baru, Belanda bisa nih jadi tempat pilihan buat liburan.

Baca juga: Destinasi Favorit Saat Liburan ke Korea Selatan Bareng Anak

Nah, berikut HaiBunda rangkum dari berbagai sumber beberapa destinasi yang bisa didatangi ketika kita menapaki Belanda bersama keluarga. Yuk, kita simak bareng-bareng, Bun.

1. City Tour di Amsterdam
Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si KecilDestinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil (Foto: amsterdamcitytours.com)

Di kota ini banyak banget yang bisa kita jelajahin lho, Bun. Dari yang sekadar jalan santai bersama pemandu wisata untuk mengetahui sejarah kota ini, hingga menikmati malam di alun-alun di Leidseplein.

Seorang bunda asal Indonesia yang sudah lama tinggal di Belanda, Neng, menyarankan untuk naik perahu bermotor untuk mengelilingi kota Amsterdam. Tiket sekali naik perahu ini adalah 39 euro atau kurang lebih setara Rp 619 ribu.

Di kota ini juga banyak banget museum yang bisa dijelajahi bareng anak, Bun. Tiga museum yang paling sering didatangi bersama anak misalnya Science Center NEMO yang merupakan pusat ilmu pengetahuan terbesar di Belanda. Anak-anak akan belajar segala hal tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Kunjungan ke Nemo sangat mendidik dan menyenangkan, bahkan untuk kita yang orang dewasa, lho.

Kita juga bisa ke Museon di Den Haag. Ini merupakan museum seni dan ilmu pengetahuan interaktif. Anak-anak dapat melihat proses bagaimana dunia diciptakan dengan cara yang menghibur dan mendidik.

Pilihan lainnya adalah ke National Maritime Museum (Scheepvaartmuseum). Museum ini memiliki koleksi istimewa yang dikhususkan bagi sejarah maritim Belanda. Anak-anak dapat belajar banyak hal mengenai perkapalan secara interaktif, bahkan bisa melihat kapal VOC yang asli.

Nggak ketinggalan, ada Museum Tussauds juga nih di sini, Bun. Jadi kalau si kecil atau Bunda ingin berfoto dengan artis bisa di sini tempatnya. Ya walaupun si artis terbuat dari lilin ya, Bun, He-he-he. Harga masuknya ke museum ini kira-kira 19 hingga 63 euro atau setara Rp 300 ribu hingga Rp 1 jutaan.

2. Efteling Park
Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si KecilDestinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil (Foto: Instagram/gkluit)

Kalau di Indonesia, tempat yang berlokasi di daerah Tilburg Kaatsheuvel ini diibaratkan Dunia Fantasi (Dufan). Soalnya ini merupakan taman bermain anak-anak yang juga bisa dinikmati orang dewasa. Atraksinya didasarkan pada unsur-unsur mitos dan legenda kuno, dongeng, dan cerita rakyat.

Ini adalah taman hiburan terbesar di Belanda dan salah satu taman hiburan tertua di dunia. Ukurannya dua kali lebih besar dari taman Disneyland di California. Setiap tahun, taman ini dikunjungi hampir 5 juta orang.

Pada 2016, taman ini adalah taman hiburan ketiga yang paling banyak dikunjungi di Eropa, setelah Disneyland Paris dan Europa-Park.

Selain itu, di tahun 2017 ini, Efteling dinobatkan sebagai 'Themepark Terbaik' di dunia oleh Theme Park Insider, berdasarkan keseluruhan pembaca dan peringkat pengunjung. Harga tiket masuknya sekitar 45 euro atau kurang lebih Rp 714 ribu.

3. Indoor Skydive
Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si KecilDestinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil (Foto: Instagram/indoorskydive)
Dijamin si kecil pasti akan suka main ke sini! Tempat skydiving indoor ini sangat aman bagi keluarga. Jika bunda sekeluarga ingin mencoba sensasi skydiving, maka tempat ini jangan sampai terlewatkan.

Neng sekeluarga selain bersenang-senang di sini, juga sekaligus melatih keberanian anaknya untuk terjun dari tempat yang tinggi. Harga tiket masuknya sekitar 64,50 sampai dengan 209 euro atau setara Rp 1-3 juta.

Siapa saja yanh boleh skydiving di tempat ini? Mereka yang berusia 4 hingga 88 tahun dan selama dalam kondisi fisik yang sehat, boleh saja, lho. Sedangkan bagi yang sedang hamil, yang sedang terkilir atau dalam pengaruh obat dan alkohol tidak dibolehkan melakukan skydiving. Oh iya, untuk anak-anak diwajibkan mengantongi izin dari orang tua dan telah menandatangani formulir ganti rugi Indoor Skydive Roosendaal.

Instruktur skydiving di sini terbukti tersertifikasi. Maka itu sangat aman ketika kita bermain bersama keluarga.

Baca juga: Trik Liburan Murah ke Luar Negeri Bersama Anak-anak

4. Skiƫn en Snowboarden
Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si KecilDestinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil (Foto: snowworld.com)

Ingin mencoba tempat ski yang berada dalam ruangan? Coba aja datang ke sini, Bun. Tempat bersalju ini spesial dibuat di dalam gedung.

Nggak hanya untuk olahraga saja, tapi tempat ini juga sekaligus sebagai tempat belajar bermain ski yang benar. Tapi kalu mau bermain-main atau sekadar rekreasi, sah-sah saja kok. Harga masuknya 116 hingga 148 euro atau setara Rp 1-2 juta.

5. Volendam
Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si KecilDestinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil (Foto: Getty Images)

Di daerah ini kita bisa mengenal kultur Belanda lebih dalam. Kenapa? Karena di sini kita bisa berpakaian tradisional ala Belanda.

Nggak cuma itu, kita bisa menangkap ikan seperti para nelayan dengan mengenakan baju khas Belanda zaman dulu. Harga tiketnya 27 sampe dengan 80 euro atau kira-kira Rp 400 ribu hingga satu juta-an.

6. Kepulauan Frisian
Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si KecilDestinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil (Foto: Instagram/zuzkapetrackova)
Untuk yang suka dengan pantai, jangan lupakan untuk mampir ke pulau ini. Kepulauan Barat Frisian atau Waddeneilanden.

Frisian merupakan rantai pulau yang ada di laut utara Belanda. Pemandu berlisensi bisa membantu Bunda dan keluarga untuk liburan ke sini.

Tahu nggak, di beberapa tempat di pulau ini memungkinkan kita berjalan di atas lumpur saat air surut, lho. Ada pula restoran dan pub yang ramai dikunjungi, tempat belanja suvenir, beragam galeri, hingga peternakan dan lahan pertanian yang telah diolah secara turun-temurun. Kita juga bisa melihat pedesaan Noord Holland dan Friesland yang khas.

Nah, gimana, apakah Bunda senang dengan pilihan kami atau malah punya referensi lain? Boleh lho share di kotak komentar.

Baca juga: 5 Tempat Wajib Liburan Bareng Anak

Jangan lupa ya kita bawa kartu travel, saat liburan. Nah, Mega Travel Card bisa jadi pilihan utama lho. Soalnya kartu ini memiliki kelebihan tersendiri, misalnya nasabah akan mendapatkan mileage point. Point ini nantinya bisa ditukarkan dengan apapun, seperti tiket five star air line, budget airlines, dan lainnya.

Jangan lewatkan juga Mega Travel Fair. Di sini ada banyak promo ke berbagai negara termasuk ke Eropa. Yuk, dicek jadwal lengkap Mega Travel Fair di sini. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi