aktivitas

Keuntungan Bayi yang Lahir di Bulan November

Melly Febrida 04 Nov 2017
Keuntungan bayi yang lahir bulan November (Foto: Dhani Irawan/detikcom) Keuntungan bayi yang lahir bulan November (Foto: Dhani Irawan/detikcom)
Jakarta - Lahir di bulan apa si kecil, Bun? Soal bulan lahir, sering dikaitkan dengan 'peruntungan' seseorang. Ya, bulan kelahiran diyakini mempengaruhi banyak hal. Sekarang sudah masuk November, apa saja ya keuntungan dan kelebihan bayi yang lahir November?

Mungkin sulit dipercaya, tapi baru-baru ini banyak ilmuwan dan ahli statistik yang menemukan bulan kelahiran mempengaruhi segalanya mulai dari karir yang dipilih hingga kepribadian. Nggak hanya itu, ada juga lho peneliti yang mengaitkan bulan kelahiran dengan panjang umur.

Situs newscientist menuliskan bayi yang lahir antara bulan September dan November lebih cenderung hidup sampai usia 100 tahun ketimbang bayi yang lahir di bulan-bulan lainnya. Kenapa bisa begitu? Peneliti mengatakan bulan kelahiran bisa mempengaruhi lingkungan tempat seseorang berkembang baik ketika di dalam lahir atau saat lahir.

Bukti menunjukkan bulan kelahiran juga dapat mempengaruhi perilaku dan genetika serta berdampak seumur hidup pada kesehatan kita.

Penelitian sebelumnya juga menemukan hal yang sama. Orang yang lahir di musim gugur lebih mungkin hidup lebih lama daripada mereka yang lahir pada musim lain. Namun, peneliti tidak dapat mengesampingkan faktor lainnya, seperti keadaan keluarga dan status sosial ekonomi, yang juga mempengaruhi lingkungan awal.

Nah, peneliti Leonid Gavrilov dan Natalia Gavrilova dari University of Chicago mengumpulkan data dari lebih dari 1.500 centenarian (orang yang berusia 100 tahun) yang lahir di Amerika Serikat, antara tahun 1880 dan 1895. Peneliti kemudian membandingkan informasi kelahiran dan kematian dengan saudara dan pasangan centenarian tersebut.



Dari situ diketahui bahwa saudara kandung memiliki latar belakang genetik yang serupa, sedangkan pasangan akan mengalami lingkungan serupa di masa dewasa mereka.

Dari penelitian itu, kedua peneliti ini menemukan lebih banyak centenarian lahir di musim gugur daripada di musim semi. Sebagian besar centenarian lahir antara bulan September dan November. Nah, jumlah paling sedikit lahir pada bulan Maret, Mei, dan Juli.

Hasilnya lebih terasa untuk bayi yang lahir antara tahun 1880 dan 1889 daripada yang lahir antara 1889 dan 1895. "Hipotesis yang paling populer untuk menjelaskan temuannya adalah infeksi musiman pada awal kehidupan menciptakan kerusakan jangka panjang pada kesehatan manusia," kata Gavrilov, di pertemuan tahunan Population Association of America di San Francisco.

Kemungkinan lainnya termasuk kekurangan vitamin musiman atau variasi kadar hormon musiman. Hipotesis infeksi musiman juga mencuat, saat ditemukan fakta efeknya lebih terasa sebelum 1889 daripada setelahnya.

"Kematian akibat penyakit menular menurun dari waktu ke waktu selama akhir abad ke-19, dan ini terutama terjadi pada infeksi musim panas," terang Gavrilov.

Temuan Gavrilov merujuk penelitian sebelumnya oleh Alexander Lerchl di Jacobs University di Bremen, Jerman, yang mempelajari hubungan antara bulan kelahiran dan harapan hidup di Jerman.

Keuntungan anak yang lahir bulan November/Keuntungan anak yang lahir bulan November/ Foto: Thinkstock


Unsur November

November adalah bulan ke-11 setiap tahunnya. Dalam bahasa Latin, "novem" berarti sembilan, sehingga November adalah bulan ke-9 di kalender Romawi. Namun, ketika Januari dan Februari ditambahkan, November pindah ke tempat ke-sebelas.

November menjadi bulan terakhir musim gugur, yang jatuh tepat sebelum musim dingin. Itulah yang membuat November dikenal sebagai waktu menyimpan makanan yang dipanen pada bulan Oktober.



Tanda zodiak untuk bulan November adalah Scorpio (23 Oktober - 21 November) dan Sagitarius (22 November - 21 Desember). Scorpio diketahui memiliki karakter tenang, sejuk, suka berkumpul, meski mungkin agak misterius. Sedangkan orang yang berzodiak Sagitarius sering penasaran dan melihat ke masa depan. Demikian seperti dilansir laman Lilbabycake.

Batu kelahiran untuk bulan November adalah topaz, yang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti api. Mungkin karena warna batunya yang merah, oranye, emas, kuning, dan cokelat. Topaz merah dan merah muda sendiri sering digunakan untuk perhiasan kerajaan Rusia. Selama abad pertengahan, topaz dikabarkan dapat menyembuhkan orang dan mencegah mereka dari kematian. Orang Yunani bahkan percaya topaz bisa membuat pemakainya tak terlihat.

Bunga untuk mereka yang lahir di bulan November adalah krisan. Berasal dari China, ada lebih dari 40 spesies krisan dengan warna mulai dari putih ke merah, kuning, hingga ungu. Bunga ini melambangkan kebahagiaan, sukacita, dan cinta. Bunga ini juga digunakan untuk meringankan sakit tenggorokan, demam, dan sakit kepala. Di China, krisan bahkan digunakan dalam berbagai masakan.

Keuntungan anak yang lahir bulan November/Keuntungan anak yang lahir bulan November/ Foto: Thinkstock


Anak Hebat November

Anak-anak yang lahir di November menurut laman Speakingtree benar-benar hebat, Bun. Anak yang lahir November diyakini tidak akan membiarkan apapun pergi sampai mereka bisa menyelesaikannya. Inilah yang memunculkan keyakinan anak-anak yang lahir November bisa menjadi detektif hebat.

Bayi yang lahir November juga ditengarai menyukai segala jenis teka-teki. Sehingga kita bisa memberikannya buku misteri. Namun mereka bisa sangat emosional baik dalam cinta maupun kemarahan.

Anak-anak ini juga dipercaya memiliki kecenderungan ekstremis. Apabila mereka memikirkan sesuatu, mereka bisa menjadi sangat kuat untuk mendapatkan apapun yang mereka inginkan. Anak-anak ini jarang sakit. Jika mereka sakit, umumnya mereka sembuh dengan cepat.

Rasa sakit bukanlah masalah bagi bayi yang lahir November. Saat marah, anak kelahiran bulan ini bisa sangat ingin membalas dendam. Jika dibiarkan terlalu tertutup, anak ini bisa saja tanpa tumbuh teman. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi