aktivitas

Keren! Bocah 4 Tahun Ini Berhasil Baca 100 Buku dalam Semalam

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 16 Des 2017 - 19.20 WIB
Caleb, bocah yang bisa baca 100 buku dalam semalam (Foto: Facebook The Amazing Green Kids and Friends) Caleb, bocah yang bisa baca 100 buku dalam semalam (Foto: Facebook The Amazing Green Kids and Friends)
Jakarta - Ngomong soal membaca buku, saya salah satu orang yang suka akan kegiatan ini. Tapi kadang kalau malas lagi datang, buku yang menarik juga saya cueki, Bun. Bunda dan Ayah juga sama kayak saya? Kalau lagi malas baca, kayaknya kita perlu berkaca ke anak 4 tahun bernama Caleb Green ini deh, Bun.

Tahu nggak? Di umurnya yang kata orang masih bau kencur, Caleb udah punya keinginan yang pada akhirnya sukses dia wujudkan yaitu membaca 100 buku dalam semalam. Hah, 100 buku, seriusan? Serius banget, Bun. Kalau kita nggak percaya dan berpikir itu nggak mungkin, sama kok dengan yang dialami ayah Caleb, Sylus Green.

Awalnya, Sylus bilang keinginan si kecil Caleb nggak masuk akal. Ya, memang sih buku yang dibaca Caleb pastinya buku anak-anak. Tapi dengan jumlah 100, bisa dibayangin gimana membosankannya kegiatan itu buat balita kayak Caleb. Tapi, Caleb membuktikan kalau dirinya bisa dan voila! Caleb sukses 'melahap' 100 buku dalam semalam lho.

"Kurang lebih 9 jam Caleb akhirnya bisa menyelesaikan 100 buku. Pastinya diselingi dengan istirahat sebentar dan sedikit menari. Di keluarga kami memang mayoritas suka membaca buku. Ya mungkin ini juga yang membuat Caleb akhirnya berhasil menyelesaikan membaca 100 buku dalam semalam," kata Sylus.

Memang ya, Bun, buku yang dibaca Caleb adalah buku anak-anak dan terkesan 'ringan'. Tapi tetap aja, buat balita alias anak di bawah umur lima tahun baca buku bukan sesuatu yang gampang. Keponakan saya yang umur 3 tahun aja belum selesai baca satu buku dia udah bosan dan main dilempar begitu aja bukunya lantas dia sibuk sama mainannya yang lain.

Tapi Caleb, dia bisa anteng dan berhasil menamatkan 100 buku dalam semalam. Kepada Babble, dia mengaku memang hobi membaca. Superhero, binatang, dan Ninja Turtle jadi buku bacaan favoritnya. Saat ditanya cita-citanya, Caleb dengan mantap bilang dia mau jadi pemain basket. Nanti kalau umurnya 22 tahun, Caleb mau jadi astronot.

"Kalau nanti umurku sudah 23 tahun, aku ingin jadi Ninja Turtles," ujarnya. Wah, hebat Caleb! Apa yang dilakukan Caleb cukup menyita perhatian banyak netizen. Lewat kesempatan ini, di halaman Facebook keluarganya 'The Amazing Green Kids and Friends' keluarga Caleb berencana mengumpulkan 10 ribu buku yang akan disumbangkan ke perpustakaan setempat.

Bicara soal minat baca pada anak, memang ini penting banget ditanamkan ke anak sejak dini, Bun. Seperti kita tahu, lewat bukulah anak bisa membuka mata dan wawasannya atas apa yang ada di sekitarnya. Psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, bilang untuk membacakan buku anak memang baiknya buku real, Bun, bukan e-book.

Soalnya, dengan membacakan buku yang sebenarnya, anak juga bisa belajar tekstur buku sehingga kemampuan motorik halusnya terasah. Tapi kalau untuk anak yang lebih besar nggak masalah juga kalau Bunda mau mengajaknya membaca e-book. Jangan lupa, saat mengajak anak baca buku kita juga dampingi mereka ya. Atau, kalau perlu kita bacakan aja cerita di buku anak dengan intonasi dan ekspresi yang sesuai tokoh tersebut sehingga cerita yang kita sampaikan bisa menarik buat anak.

Dengan begitu, anak bisa tertarik untuk membaca buku. Jangan lupa prinsip children see children do nih, Bun. Anak akan rajin membaca buku kalau memang orang tuanya mencontohkan rajin baca buku. Jadi, Bun, sudahkah hari ini kita membacakan buku buat si kecil? (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi