aktivitas

Tips Agar Anak Punya Gaya Hidup Sehat

Asri Ediyati 07 Feb 2018
Tips Agar Anak Punya Gaya Hidup Sehat/ Foto: iStock Tips Agar Anak Punya Gaya Hidup Sehat/ Foto: iStock
Jakarta - Kalau kata orang mengasuh anak 'jaman now' itu susah-susah gampang. Nah, sebagai orang tua tentunya kita mau anak kita sehat terus kan, Bun? Untuk itu perlu banget kita tumbuhkan kesadaran anak akan pentingnya gaya hidup sehat.

Nah, berikut ini tips dari dr Cindiawaty J Pudjiadi MARS MS SpGK atau yang biasa dipanggil dr Cindy untuk menumbuhkan gaya hidup sehat anak.

1. Ajak Anak Lakukan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini

Menurut dr Cindy, semuanya bermula dari rumah dan dari kecil. Kalau dari kecil anak sudah diajarkan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang sehat, mereka bisa mengikutinya.

"Mereka lebih ngerti apa sih makanan yang baik untuk dikonsumsi? Supaya ada self awareness sendiri pada anak bagaimana memilih makanan yang baik untuk anak," tutur dr Cindy di sela sela konferensi pers HiLo School Drawing Competition 2018 di Morrisey Hotel, Jakarta, Rabu (7/2/2018).



2. Kita Juga Mesti Terapkan Pola Hidup Sehat

Mencontohkan anak pola hidup yang sehat tak semudah yang kita kira. Bukan asal suruh atau minta anak makan ini itu atau nggak boleh ini itu.

"Emang challenging kalau memberi contoh pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat. Tapi, bagaimanapun juga anak selalu mencontoh orang tuanya, jadi dari kitanya dulu nih yang harus menerapkan pola hidup yang sehat," kata dr Cindy.

3. Nggak Perlu Tergesa-gesa

Yap, kuncinya perlu pelan-pelan dan nggak pernah putus asa buat ngajakin anak melakukan pola hidup yang sehat.

"Misalnya anak nggak mau makan sayur padahal lagi penting-pentingnya ia harus mengonsumsi sayur. Kita nggak perlu maksakan makan sayur hari ini. Besok lita bisa coba lagi dan mungkin kita bisa akalin bagaimana sayur bisa dimakan sama si kecil," pungkas dr Cindy.

Tapi, sekali lagi ingat, anak akan makan sayur kalau orang tuanya juga makan sayur, Bun. Jadi, jangan suruh anak makan sayur tapi kita sendiri nggak doyan sayur.



4. Orang Tua Perlu Kreatif

Ya, ajak si kecil melakukan pola hidup yang sehat dengan cara yang lebih menarik. Misalnya soal makanan, ibu perlu cerdas untuk menciptakan menu yang variatif.

"Misalnya anak disuruh berkreasi sendiri, dikasih cetakan khusus untuk masak-memasak lalu suruh mereka habiskan apa yang mereka masak. Tentunya harus ada arahan dari kita ya," ujar dr Cindy. (aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi