aktivitas

Cerita Sisipan Uang di Buku dan Kenangan tentang Nenek

Amelia Sewaka Selasa, 06 Mar 2018 - 16.00 WIB
Cerita Sisipan Uang di Buku dan Kenangan tentang Nenek/ Foto: Twitter/katiemorrison09 Cerita Sisipan Uang di Buku dan Kenangan tentang Nenek/ Foto: Twitter/katiemorrison09
Maryland, AS - Menemukan selembar uang plus pesan manis yang diselipkan di dalam buku yang dijual di sebuah toko mungkin sangat menyenangkan ya, Bun. Nah, kejutan manis semacam itu sengaja dipilih keluarga ini untuk mengenang neneknya.

Sisipan uang dengan pesan manis itu antara lain ditemukan oleh Andrew Crochunis yang sedang berbelanja di Browseabout Books di Rehoboth Beach, Delaware. Ia menemukan lima dolar atau sekitar Rp 68 ribu serta catatan kecil dalam buku tersebut.

Kurang lebih tulisannya, "Tolong terima hadiah ini untuk mengenang nenek kami yang selalu membawa kami membeli buku yang kami pilih setiap Natal,".

Dalam pesan dituliskan pula agar uang tersebut digunakan untuk membeli buku baru. Sebab sang nenek adalah sosok yang sangat suka membaca. Andrew yang saat itu sedang berlibur di pantai dan butuh pesan positif setelah syuting di Florida jelas seneng banget, Bun.


"Keyakinan saya akan kebaikan di dunia sangatlah rendah. Namun ketika notes (catatan) tersebut ada di tangan saya, saya seperti melihat secercah cahaya. Faktanya nenek tersebut adalah seseorang memahami pentingnya tidak hanya belajar dan membaca tapi juga berbagi ke sesama," papar Andrew.

Nenek yang dikenang oleh kerluarganya itu bernama Barbara Longova. Dia mempunyai tiga cucu dan mereka tinggal lama di Baltimore, Maryland. Selanjutnya mereka pindah ke area pantai ketika anaknya beranjak dewasa.

[Gambas:Instagram]



"Dia sangat mencintai kehidupan di pantai. Browseabout Books merupakan toko buku favoritnya sekaligus tempat membacanya. Ia sangat menyukai duduk di teras, minum segelas wine, dan membaca buku yang bagus," kata salah satu putri Barbara, Nicole White, pada Today Parents.

Diceritakan Nicole, Nenek Barbara sering mengajak cucunya berbelanja di Browseabout Books sebelum Natal dan membiarkan mereka memilih buku yang diinginkan. Bagi keluarga ini memang ada tradisi anak-anak membungkus buku yang diinginkan, kemudian ditaruh di bawah pohon Natal.

Setelah Nenek Barbara meninggal pada November 2015, Nicole dan kakaknya tahu akan ada 'lubang' di tradisi liburannya. Akhirnya mereka pun mencari cara untuk menghormati dan mengenang sang nenek.


"Kami pikir Nenek akan membelikan buku bagi siapa saja yang membutuhkan," tutur Nicole, dilansir Ad Hoc News.

Sejak 2015 itulah Nicole dan suami serta anak-anaknya, Gavin (17) dan Lucy (14), menyelipkan uang dan pesan di beberapa buku yang dijual di Browseabout Books dan beberapa toko buku lainnya.

"Oma punya cinta yang besar untuk membaca dan ingin kami membagi cintanya. Keteguhan dan antusiasmenya sangat memengaruhi kami. Bahkan saya juga masih sangat suka membaca dan ragu hobi ini akan menghilang begitu saja," papar Gavin.



Beberapa orang yang menemukan sisipan uang dan pesan itu lantas memposting fotonya di sosial media. Alhasil cerita-cerita itu pun menyebar dan cerita ini telah menyentuh hati banyak orang.

Bicara soal membaca, menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini itu memang penting, Bun. Namun, sering kali orang tua membelikan banyak buku tapi tidak ikut membacanya bareng anak.

Najeela Shihab, psikolog dan pendidik, suka membaca sebetulnya nggak cukup. Orang memang suka bilang kita harus aktif membaca, jadi bacalah sebanyak mungkin buku.

Kata wanita yang akrab disapa Ela ini, kalau mau membuat anak suka membaca tapi anak nggak punya rasa ingin tahu yang lebih besar, itu juga percuma. Karena, rasa ingin tahu jadi sangat penting untuk mendorong minat baca anak.

(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi