aktivitas

Kebiasaan Aneh Anak-anak Menjelang Tidur

Radian Nyi Sukmasari 28 Mar 2018
Kebiasaan Aneh Anak-anak Menjelang Tidur/ Foto: Istimewa Kebiasaan Aneh Anak-anak Menjelang Tidur/ Foto: Istimewa
Jakarta - Jelang tidur, ada anak yang langsung terlelap begitu aja. Tapi ada juga kan, Bun, anak yang butuh melakukan 'ritual' khusus sebelum tidur. Bahkan ritualnya bisa dibilang aneh-aneh deh.

Seperti disampaikan di forum Reddit nih, Bun. Seorang pengguna bernama fishsocks menceritakan kebiasaan anak laki-lakinya sebelum tidur yaitu memegang jeruk. Bahkan, dia menyebut ritual ini sebagai 'nighttime orange'.

"Akhir-akhir ini anak laki-laki saya punya kebiasaan 'nighttime orange'. Dia ingin menggenggam jeruk bersamaan dengan dia menyentuh anjingnya, di tempat tidur. Ya, jeruk itu cuma dia pegang, tanpa dia makan," kata pengguna tersebut dikutip dari Essential Baby.

Dari situ, fishsocks mengundang orang tua lain untuk berbagi pengalamannya. Nah, ada orang tua yang bercerita kalau anaknya justru ingin tidur di meja kamar, Bun, bukannya di kasur. Awalnya sih si kecil cuma meletakkan kepalanya di meja tapi lama-lama dia merayapkan badannya sehingga semua badannya berada di atas meja.

Kata orang tua tersebut, kalau udah kayak gitu anaknya akan tertidur dan ketika dipindah ke tempat tidur sang anak akan cranky. Bahkan, saking frustasinya orang tua itu sempat menggembok meja tersebut tapi yang ada si kecil makin rewel. Hingga akhirnya, meja disingkirkan dari kamar dan masalah pun selesai.



"Ini benar-benar aneh," ujarnya. Hmm, nggak cuma itu, ada lagi orang tua yang membagikan kebiasaan aneh anaknya jelang tidur. Si anak laki-lakinya hobi 'mencari' pusar orang tuanya untuk dipencet-pencet jelang tidur. Bunda punya pengalaman serupa kayak gini?

"Dia akan menangis ketika menginginkan ini dan ternyata dia tidak menemukannya. Tapi saat dia membuka baju saya dan menemukan pusar saya, dia akan berkata 'ini dia' dan menyentuhnya. Anak-anak memang kadang 'ajaib' tapi luar biasa juga," kata si orang tua.

Bicara soal kebiasaan anak jelang tidur, psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo bilang sejauh hal itu masih memungkinkan untuk dilakukan, nggak masalah kalau kebiasaan itu dilakukan anak sebelum tidur. Dalam wawancara dengan detikHealth, wanita yang akrab disapa Anas ini bilang saat melakukan kebiasaan itu, penting juga buat ayah dan bunda untuk bilang ke anak kalau nanti kebiasaannya itu tidak bisa dilakukan lagi.

Tapi, ada hal lain yang bisa dilakukan misalnya dipeluk ayah bundanya sebelum atau saat bangun tidur. Menurut Anas, sebenarnya kebiasaan kayak gini secara alami akan hilang seiring bertambahnya usia, Bun. Sama kayak kebiasaan anak memilin ujung bantal sebelum tidur. Umumnya kebiasaan ini akan hilang saat anak duduk di bangku SMP karena mereka udah mulai fokus pada teman dan lingkungannya. Apalagi saat duduk di bangku SMP anak sudah banyak melakukan aktivitas kan.

Supaya anak berhenti melakukan ritualnya sebelum tidur, kita perlu mencari aktivitas pengganti. Biasanya, anak melakukan ritual sebelum tidur untuk membuat mereka merasa aman dan nyaman. Sudah pasti untuk membuat anak nyaman, kita pastikan suhu ruangan dan suasana kamar memang pas untuk anak memulai tidurnya. Nah, agar anak merasa aman salah satu hal yang bisa kita beri adalah bonekanya, Bun.

Seperti kata psikolog Dawn Huebner PhD, boneka binatang bisa membantu anak merasa aman saat dia tidur sendiri. Studi yang dilakukan peneliti di Tel Aviv University juga menemukan anak yang dikasih boneka saat tidur lebih jarang mengalami mimpi buruk dan mengalami gejala yang berkaitan sama stres saat tidur.

Nah, kalau si kecil punya kebiasaan aneh apa nih, Bun, jelang tidur?

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi