parenting

6 Tips Ampuh Membuat Anak Tidur Nyenyak

Asri Ediyati Minggu, 18 Aug 2019 18:30 WIB
6 Tips Ampuh Membuat Anak Tidur Nyenyak
Jakarta - Begitu kita minta anak tidur, belum tentu mereka langsung mau tidur. Ada yang minta ditemani, ada pula yang minta diceritakan dongeng. Nah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat anak tidur lebih cepat dan nyenyak.

Janine Reynolds, kepala perawat di Klinik Sheffield Sleep, baru-baru ini menjalankan sebuah lokakarya untuk meningkatkan tidur anak-anak 2,4 jam semalam. Demikian dikutip dari NHS England.
Reynolds memberikan saran kepada orang tua. Berikut enam tips ampuh darinya untuk membuat anak tidur lebih cepat dan nyenyak.

1. Atur rutinitas satu jam sebelum tidur


Rutinitas yang konsisten adalah kuncinya, menurut Reynolds. Mulailah dengan kegiatan koordinasi selama setengah jam seperti main puzzle. Ini untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan anak.

"Anda ingin memastikan mereka tidak lapar. Cobalah menghabiskan dengan makanan seperti ceri, beri atau pisang untuk mendorong hormon melatonin. Jika anak minum susu, itu harus setelah mereka makan dan jaraknya tidak dekat jam tidur mereka," kata Reynolds.

Selanjutnya, Bunda bisa mandikan denganĀ air hangat untuk mencapai suhu tubuh yang nyaman untuk tidur. Mempersiapkan mereka untuk tidur dalam urutan rutinitas yang sama setiap malam adalah penting. Dan bangun pada waktu yang sama keesokan paginya akan membantu rutinitas ini tetap konsisten.

2. Usahakan anak punya 'self-settle'

Kata Reynolds, karena siklus tidur, anak-anak cenderung bangun enam hingga delapan kali semalam. Setiap kali mereka bangun, mereka akan mendambakan botol susu, atau cerita, atau orang tua mereka.

"Jangan melakukan kontak mata, dan cobalah untuk tidak melakukan kontak verbal. Marah pada mereka akan seperti menambahkan bahan bakar ke api. Bersikaplah membosankan," kata Reynolds.
6 Tips Ampuh Membuat Anak Tidur NyenyakIlustrasi anak di kamar tidur/ Foto: iStock
3. Pastikan suasana kamar tidur anak tenang

Suasana kamar yang tenang berarti tak ada suara-suara, hanya rutinitas yang tenang dan konsisten. Hal ini agar tidur si kecil nyenyak.

4. Kurangi pelukan dan kecupan manis sebelum tidur

Ini mungkin mengejutkan Bunda, tetapi Reynolds menggambarkan anak-anak sebagai 'mesin slot', di mana mereka akan terus meminta satu pelukan tambahan atau satu buku tambahan.

"Katakan sudah waktunya tidur, sayang," ujarnya dikutip dari HuffPost.

5. Beri pencahayaan kamar yang tepat

Beberapa orang tua menggunakan handphone dan lagu pengantar tidur mereka pada proyektor untuk membantu anak-anak mereka tidur. Akan tetapi Reynolds menyarankan untuk tidak menggunakan teknologi. RuanganĀ tidur harus gelap, dengan cahaya redup untuk waktu cerita.

Jika anak-anak memang membutuhkan cahaya, lampu harus dalam warna oranye, yang lebih kondusif untuk tidur.

6. Kurangi aktivitas dan gula sebelum tidur

Bunda mungkin mengasumsikan olahraga sebelum tidur akan membantu melelahkan anak-anak. Tetapi terlalu banyak aktivitas yang dekat dengan waktu tidur adalah tidak ideal.

"Anak olahraga justru membangunkan Anda. Demikian pula, minuman manis sebelum tidur tidak bagus untuk tidur," kata Reynolds.

Simak juga video tentang alasan tidur dengan mulut mangap:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi