aktivitas

Saat Mimpi Buruk Anak-anak Jadi Karya Foto yang Ciamik

Amelia Sewaka 28 Mar 2018
Saat Mimpi Buruk Anak-anak Jadi Sebuah Karya Foto yang Ciamik/ Foto: Thikstock Saat Mimpi Buruk Anak-anak Jadi Sebuah Karya Foto yang Ciamik/ Foto: Thikstock
Kansas, AS - Di era digital seperti sekarang, foto anak bisa jadi kenangan indah proses tumbuh kembang mereka nih. Hmm, tapi gimana ya kalau foto kenangan si anak diambil dari yang nggak biasa yaitu mimpi buruk yang umumnya dimiliki anak-anak.

Adalah seorang fotografer bernama Joshua Hoffine yang punya ide nggak biasa ketika dia melibatkan anaknya jadi model untuk karya fotografinya. Jadi, Joshua memadukan imajinasi dengan kamera dan properti plus anaknya sebagai model. Nah, terciptalah kengerian berupa gambaran gimana kalau mimpi buruk anak-anak jadi nyata.

Joshua yang tinggal di Kansas adalah seorang fotografer horor yang tertarik pada salah satu emosi psikologi, rasa takut. Dalam proyeknya 'After Dark, My Sweet', foto surealis dan nyata dari Joshua ini dapat membuat ketakutan dari sudut pandang visual anak, seperti dilansir The Washington Post.


Jangan salah, mulai dari set yang rumit, kostum, makeup, dan mesin kabut disetting sendiri sama Joshua. Nah, model dari foto-foto yang bisa bikin kita bergidik ngeri ini diperankan oleh anak-anak Joshua. Kata Joshua, dia ingin karyanya ini menangkap perspektif dan kerentanan dari seorang anak.

"Kita dilahirkan dengan ketakutan bawaan dan insting tertentu. Semua gambar ini menekankan pada bahaya dan dunia amoral di mana kepolosan berada di bawah ancaman konstan," Kata Joshua pada In Sight.

Saat Mimpi Buruk Anak-anak Jadi Sebuah Karya Foto yang CiamikIni adalah hasil foto dari fotografer horor bersama anaknya. Foto: Joshua Hoffine

Karya Joshua yang bertema 'After Dark, My Sweet' ini memang paling terkenal, karena terdiri dari berbagai gambar yang dibuat berfokus pada mimpi buruk ketika kita masih anak-anak. Ada cerita lain dari sesi pemotretan ini, Bun. Jadi, anak perempuan Joshua antusias banget jadi model sang ayah walaupun foto yang dihasilkan agak-agak bikin bulu kuduk merinding ya. He-he-he.

"Anak saya mengaku bangga kalau bisa terlibat dalam karya saya. Mereka juga nggak takut, mereka menyukainya. Ibaratnya mereka melakukan permainan besar ditambah dengan adanya kostum dan makeup. Apalagi mereka tahu kami membuat foto yang mengerikan dan mereka menyukai ide menakuti penonton sebanyak yang saya lakukan," papar Joshua pada The Huffington Post.

Zaman sekarang nggak hanya orang tua, tapi anak-anak juga sudah mulai mengenal lho apa itu foto dan kamera. Bahkan mereka udah tahu cara selfie dan mengambil foto dengan baik, nah ketika anak belajar fotografi itu nggak ada salahnya lho, Bun.

Saat Mimpi Buruk Anak-anak Jadi Sebuah Karya Foto yang CiamikAnak-anaknya menyukai difoto dengan tema horor ini. Foto: Joshua Hoffine
"Fotografi kini menjadi sebuah 'cara' di era modern untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain," kata Diana Nazareth, fotografer asal Toronto, dikutip dari CBC California.

Diana menambahkan, fotografi juga bisa membantu mengembangkan kemampuan bicara dan melihat anak, serta menguatkan hubungan antara visual dengan bentuk ekspresi anak.

"Ada banyak aktivitas fotografi yang mudah dan menyenangkan bagi anak, antara lain family photo walk, tantangan membuat foto dan bercerita dengan sumber sebuah foto," kata Diana

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi