aktivitas

Manfaat Belajar Fotografi untuk Anak-anak

Asri Ediyati Senin, 20 Nov 2017 - 13.00 WIB
Ilustrasi anak mengambil foto/ Foto: Thinkstock Ilustrasi anak mengambil foto/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Zaman sekarang, nggak sedikit anak yang sudah mengenal apa itu foto dan kamera. Bahkan mereka udah tahu selfie dan cara mengambil foto. Nah, ketika anak belajar fotografi, ada berbagai manfaat yang bisa didapat anak nih, Bun.

"Fotografi kini menjadi sebuah 'cara' di era modern untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain," kata Diana Nazareth, fotografer asal Toronto, dikutip dari CBC California.

Untuk anak-anak, mengambil foto dengan kamera, tablet atau handphone bisa jadi cara untuk berbagi pengalaman atau cerita seru yang pernah mereka alami. Lewat fotografi, anak juga bisa berbagi cerita soal tempat yang mereka singgahi serta mengenalkan anggota keluarganya ke teman atau orang lain.



"Fotografi juga bisa membantu mengembangkan kemampuan bicara dan melihat anak. Fotografi juga menguatkan hubungan antara visual dengan bentuk ekspresi anak," kata Diana.

Diana bercerita dirinya pernah menggelar workshop foto untuk anak-anak. Di workshop itu, anak-anak diminta mengambil banyak gambar dan menulis. Dari hasil workshop ia menangkap bahwa peserta telah menciptakan sebuah koneksi antara dasar fotografi dengan dasar kegiatan tulis menulis. Contohnya saat mereka diminta menentukan framing, timing, fokus dan perspektif.

"Ada banyak aktivitas fotografi yang mudah dan menyenangkan bagi anak, antara lain family photo walk, tantangan membuat foto dan bercerita dengan sumber sebuah foto," kata Diana.

Misalnya dari family photo walk, kita bisa mengajarkan si kecil tentang warna, tempat dan bentang alam yang ditemui. Setelah itu, tantanglah si kecil untuk mengabadikan momen atau objek di sekitarnya. Anak sudah mengambil foto? Selanjutnya minta dia menceritakan soal foto itu, Bun.

"Saya pikir fotografi bisa menambah kreativitas anak-anak dan bisa mengembangkan kemampuan motoriknya. Memegang kamera dan menekan shutter sambil melihat viewfinder adalah hal yang nggak mudah dilakukan anak kecil," papar Diana.

Dikutip dari Click It Up A Notch, untuk anak yang lebih besar, kita bisa meminta mereka mencoba teknik pengambilan gambar, menentukan
komposisi foto, fokus dan pencahayaan. Dengan melakukan itu, anak akan mengasah kemampuan memecahkan masalah. Misalnya gambarnya gelap, supaya terang bagaimana ya caranya?.

Ketika anak belajar fotografi, selain ada kemampuan yang berhasil diasah pastinya mereka juga bisa bersenang-senang saat mengambil foto dan akan jadi hal yang seru ketik mereka membagikan hasil jepretannya ke teman dan keluarga.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi