aktivitas

Ada Ayah Taruh Bayi di Setir Mobil, Menurut Bunda Gimana?

Asri Ediyati 16 Apr 2018
Ada Ayah Taruh Bayi di Setir Mobil, Menurut Bunda Gimana?/ Foto: Thinkstock Ada Ayah Taruh Bayi di Setir Mobil, Menurut Bunda Gimana?/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Setiap orang tua pasti sangat menyadari bahaya yang dihadapi anak-anak ketika mereka naik mobil. Tapi, yang namanya beda orang, beda isi kepala ya, Bun. Seperti ayah yang satu ini, ia menuai komentar pro dan kontra setelah memposting video putrinya di mobil.

Dalam video viral baru-baru ini tampak ayah mengendarai mobilnya dengan menaruh bayi di setir mobilnya. Melihat video ini, banyak orang-orang benar-benar membela tindakannya. Video itu diposting di akun Instagram 'Baller Alert'. Asal usul video tidak diketahui, pun identitas ayah maupun bayinya, Bun.

Pria itu menerima panggilan telepon saat menyetir. Kemudian pada satu titik, dia berbelok, dan bayinya ikut berputar bersama setirnya. Seperti di video ini, Bun.

[Gambas:Instagram]




Seluruh video menunjukkan kebalikan dari apa yang orang tua harus lakukan untuk menjaga anaknya aman saat berada di dalam mobil. Dalam waktu kurang dari 24 jam, video itu telah ditonton lebih dari 640 ribu kali. Sebagian memberi komentar kontra karena hal itu sama sekali nggak mendidik. Selain itu, sebagian malah membelanya karena beranggapan mungkin ayah itu membawa mobilnya di lahan parkir.

Kalau menurut Bunda gimana? Nah, soal keselamatan berkendara si kecil nih, Bun. Menurut Wahyu Minarto, founder komunitas Safe Kids Indonesia (SKI), keselamatan anak adalah segala daya dan upaya mengenali bahaya dan mereduksi risiko untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas cedera bagi anak. Ini penting lantaran selama ini beberapa orang tua masih ada lho yang miskonsepsi soal keselamatan.

"Lalu orang tua pikir yang namanya safety itu hanya berlaku pada suatu industri dan tidak terlalu berlaku pada urusan keluarga. Merasa anak di rumah dan sudah diawasi dan merasa nggak akan terjadi apa-apa jadi nggak mempersiapkan apapun soal keselamatan anak apalagi ketika berkendara sama anak," tutur founder SKI yang sapa diakrab Paman Billie.

Miskonsepsi yang lain adalah kecelakaan yang terjadi itu adalah takdir. Ya memang benar sih, Bun, itu udah takdir tapi nggak berarti kita diam aja kan? Karena kita bisa lho berikhtiar melalui tindakan pencegahan.

"Safety sendiri terdiri dari standardisasi dan regulasi. Misal seperti pemakaian carseat. Pemakaian car seat nggak bisa asal anak yang penting pakai car seat. Harus dicek juga standardisasi sama regulasinya," tutur Paman Billie.

(aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi