aktivitas

7 Fitur yang Bisa Dipakai agar Anak Aman Saat Main Instagram

Asri Ediyati 02 Jun 2018
7 Fitur yang Bisa Dipakai agar Anak Aman Saat Main Instagram/ Foto: Thinkstock 7 Fitur yang Bisa Dipakai agar Anak Aman Saat Main Instagram/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Siapa yang sekarang nggak main Instagram? Rasanya hampir semua orang bahkan anak-anak punya akun Instagram ya, Bun. Lalu, gimana supaya anak aman dalam menggunakan Instagram?

Soal ini dijawab oleh Helena Lersch, Head of Public Policy, Instagram Asia-Pacific. Menurut Helena, sejak pertama diluncurkan, Instagram terus melakukan peninjauan terhadap kebutuhan dan prioritas pengguna lalu bekerja sama dengan teknisi ahli dan peneliti.



Hal ini untuk menciptakan pengalaman yang aman, positif dan suportif bagi seluruh pengguna di seluruh dunia termasuk orang tua dan anak. Nah, berikut ini fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga keamanan anak-anak saat menggunakan Instagram:

1. Filter Komentar

Pilihan filter komentar ini terdiri dari tiga macam, Bun. Pertama, filter komentar yang menyinggung (Offensive Comments Filter). Ini merupakan filter yang secara otomatis menyembunyikan komentar yang menyinggung.

Lalu, ada yang namanya filter komentar yang berdasarkan kata kunci (Keyword Comments Filter). Jadi, orang tua bisa memasukkan kata-kata yang nggak pantas lewat fitur ini. Dengan begitu kata-kata tadi akan hilang di kolom komentar. Terakhir, fitur yang terbaru dari Instagram yakni filter anti perundungan (Anti-Bullying Filter) yang memfilter kata-kata yang bersifat bully misalnya 'jelek dan gendut'.

2. Fitur Pelaporan dalam Aplikasi

Jika sudah menggunakan filter di atas namun masih ada orang yang melecehkan atau membuat komentar aneh, kita bisa menggunakan fitur ini, Bun. Fitur pelaporan atau yang biasa kita kenal dengan 'report'. Caranya dengan menekan tiga titik yang ada di pojok kanan atas halaman Instagram dan pilih 'report'.

3. Setelan Akun Privat

Jika ingin memiliki kontrol penuh tentang siapa saja yang memiliki akses terhadap konten di Instagram terutama yang berisi foto anak-anak [http://www.haibunda.com/aktivitas/d-3678985/aturan-posting-foto-di-medsos-agar-tak-bahayakan-anak], kita bisa menyetel akun kita menjadi privat. Caranya, pilih 'Settings' lalu geser pilihn ke 'Private Account'. Dengan akun privat, kita juga bisa menghapus pengikut tanpa memblokirnya.


4. Dukungan Kesehatan Mental

Kata Helena, Instagram telah bekerja sama dengan para ahli dalam mengembangkan perangkat bagi mereka yang mungkin membutuhkan dukungan keseatan mental.Jika melihat postingan atau siaran Live di Instagram dan khawatir bahwa seseorang tersebut membutuhkan pertolongan.l, kita bisa melaporkannya secara anonim pada tim Instagram.

5. Layar Sensitif

Layar ini akan menutupi foto dan video yang berisi konten sensitif saat kita sedang melihat feed bersama anak. Jika feed tersebut mengandung konten sensitif, Instagram secara otomatis memblurkan layar, sehingga si kecil bisa terhindar dari paparan konten sensitif.

6. Autentikasi Dua Faktor

Jika sudah memiliki password yang cukup sulit, kita bisa juga aktifkan fitur ini, Bun. Fitur ini akan mengaktifkan lapisan kedua saat kita ingin mengakses akun dari perangkat yang berbeda misalnya dari laptop. Saat membuka akun dari laptop maka kita nggak bisa langsung masuk ke akun tersebut karena akun harus dibuka dengan memasukkan kode yang dikirimkan Instagram lewat sms ke ponsel .

7. Pusat Keamanan Instagram

Terakhir, kita bisa mengunjungi pusat keamanan Instagram di https://help.instagram.com. dan situs instagram-together.com untuk mengenal lebih lanjut mengenai fitur keamanan yang dikembangkan oleh Instagram.
(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi