sign up SIGN UP search


parenting

Anak Sibuk dengan Gadget Selama di Rumah? Yuk Ajak Mereka Main Physical Toys

Maya Sofia Rabu, 20 May 2020 12:03 WIB
Adorable blonde toddler building pyramid using hoops around lots of toys at kindergarten caption
Jakarta -

Tak bisa dimungkiri selama di rumah saja, anak-anak cenderung sulit lepas dari gadget. Padahal bermain tak melulu harus menggunakan gadget lho, Bunda.

Seperti diketahui bermain adalah aktivitas yang sangat penting untuk proses tumbuh kembang anak, karena berkontribusi pada perkembangan kemampuan kognitif, fisik, sosial, dan emosional anak-anak. Namun, untuk para orang tua yang bekerja, mereka tak punya cukup waktu untuk menjalin bonding yang erat dengan anak.

Itulah sebabnya kegiatan bermain dapat menjadi sebuah situasi ideal bagi orang tua untuk terlibat penuh dalam mengamati perkembangan anak-anak.


"Bermain merupakan dunia yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak-anak. Namun, kesibukan terkadang membuat kita, orang tua, lupa bahwa anak membutuhkan waktu bermain bersama orang tuanya," ujar Brand General Manager Early Learning Centre (ELC) Indonesia, Mohit Nigam.

Lebih lanjut, Mohit mengingatkan pentingnya bermain menggunakan physical toys atau jenis mainan yang nyata. Sebab physical toys dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak, serta mempererat kedekatan antara anak dan orang tua.

Child playing with colorful toy blocks. Little boy building tower at home or day care. Educational toys for young children. Construction block for baby or toddler kid. Mess in kindergarten play room.Ilustrasi anak bermain physical toys. (Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld)

Berbagi momen bersama anak diketahui merupakan hal yang penting, terutama di masa perkembangannya. Bermain dengan anak dapat mempererat ikatan emosional yang lebih dalam antara orang tua dan anak.

Ikatan tersebut dapat menjadikan anak lebih nyaman dengan lingkungannya dan juga menjadi modal bagi anak untuk melatih kemampuan sosial dan emosi ketika besar nanti.

Keluarga adalah tempat belajar anak yang utama dan orang tua akan menjadi panutan anak dalam bertingkah laku. Untuk itu, peran orang tua dalam memberi contoh kepada anak untuk tidak menggunakan gadget secara ketergantungan sangatlah diperlukan.

Nah, situasi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk tetap berada di rumah dapat dimanfaatkan orang tua untuk menghabiskan banyak waktu bermain bersama anak menggunakan mainan yang nyata. Jangan biarkan gadget menghalangi banyak kesempatan Bunda dan Ayah membangun fondasi kepercayaan dan kedekatan dengan anak.

Simak juga cara membuat wadah mainan anak dari kotak buah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi