aktivitas

Tips agar Anak Tak Asyik Sendiri dengan Gadget-nya Saat Lebaran

Asri Ediyati 14 Jun 2018
ilustrasi anak main gadget/ Foto: Thinkstock ilustrasi anak main gadget/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Lebaran sebentar lagi, saatnya anak berkumpul dan bermain dengan saudara-saudaranya. Terkadang ekspektasinya sih begitu, tapi nyatanya anak kok selalu lengket ya dengan gadget-nya?

Ditambah saudaranya yang lain pun 'lengket' juga dengan gadget-nya. Duh, makin sedih deh, Bunda. Memang ya, Bun, saat ini rasanya jarang melihat anak yang sama sekali nggak memegang. Bahkan survei dari American Academy of Pediatrics (APA) menunjukkan anak usia sekolah menghabiskan lebih dari dua jam sehari untuk bermain gadget.

Nah, ada lho, Bun, yang bisa kita lakukan supaya anak nggak lengket dengan gadgetnya saat berkumpul dengan keluarga besar di hari Lebaran. Seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber berikut ini:

1. Nggak Memperlihatkan Gadget pada Anak

Meski banyak ucapan lebaran masuk ke handphone, lebih baik membalasnya nanti atau bahkan mengirim ucapan Lebaran dari kita untuk sejawat sebelum acara keluarga. Anak adalah 'peniru' sikap orang tuanya. Jika dari awal kita sudah membuka handphone di depan anak di acara keluarga, bukan nggak mungkin anak akan mencontoh bunda dan ayahnya. Makanya, Bun, yuk beri contoh ke anak dengan nggak asyik sama handphone kita juga saat ada acara keluarga.

2. Beri Pengertian

Jika kita dari awal sudah memberlakukan aturan, maka memberi pengertian ke anak untuk nggak bermain gadget akan lebih mudah. Kita beri pengertian ke anak seperti ini misalnya, 'Nak, acara Lebaran kan setahun sekali, pasti saudara sepupu kangen banget ketemu kamu. Di acara nanti jangan lupa ajak main dan ngobrol saudara-saudara kamu ya'.



3. Membuat Perjanjian

Sama dengan memberi pengertian, jika dari awal anak sudah tertib dalam bermain gadget maka hal ini akan lebih mudah dilakukan. Buat perjanjian dengan anak kalau Lebaran nanti mereka harus bebas dari handphone atau tablet PC.

Nah, jika sudah buat perjanjian, buat juga konsekuensinya jika anak melanggar, Bun. Misalnya, aturan main gadget jadi semakin ketat atau durasi saat anak boleh main gadget dikurangi.

Tips agar Anak Tak Asyik Sendiri Main Gadget Saat LebaranFoto: thinkstock


4. Minta Bantuan Saudara

Sudah membuat perjanjian eh malah nggak berefek pada anak gara-gara saudaranya juga bermain gadget. Ini yang kadang sering kita temui, Bun. Sudah mengupayakan anak nggak lengket dengan handphone kita nyatanya anak justru asyik main handphone milik saudaranya. Kalau sudah kayak gitu, kita akhirnya pasrah.

Jangan menyerah, Bun, kita bisa minta bantuan saudara agar mereka juga sama-sama membuat perjanjian dengan anak mereka supaya nggak bermain gadget saat Lebaran nanti. Mungkin kita dan saudara bisa menggagas 'gadget-free occasion'. Jadi selama kumpul keluarga di hari Lebaran nggak ada yang boleh menggunakan handphone, kecuali untuk keperluan mendesak yang sudah disepakati.

5. Alihkan Perhatian Anak

Alternatif terakhir, Bun. Jika anak dan saudaranya masih terlihat sibuk dengam gadget, kita bisa mengalihkan perhatian mereka. Misalnya membuat sebuah permainan atau mengajak halal bihalal ke tetangga atau sanak saudara lainnya.


(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi