aktivitas

Ini Tradisi Keluarga Ibas Yudhoyono Terkait MPASI si Kecil

Amelia Sewaka Rabu, 04 Jul 2018 - 16.45 WIB
Keluarga Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas/ Foto: Instagram Keluarga Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas/ Foto: Instagram
Jakarta - Keluarga Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas punya tradisi yang unik deh, Bun, soal memberi MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Nah, apalagi baru-baru ini si bungsu Gayatri Idalia atau Baby Gaia yang berumur 6 bulan sudah mulai mendapat MPASI. Hmm, apa sih tradisinya?

Jadi Edhie Baskoro Yudhoyono bersama sang istri, Siti Ruby Aliya Rajasa atau yang akrab disapa Aliya punya tradisi di mana suapan pertama MPASI untuk anak-anaknya disuapkan oleh si ayah. Hal ini tertera dalam postingan Aliya ketika Ibas menyuapkan makanan pertamanya untuk si mungil Gayatri.

"Sudah menjadi tradisi di keluarga EBY setiap suapan pertama anak-anaknya haruslah si Pappie yg nyuapin," tulis Aliya dalam keterangan Instagramnya.

Setelah suapan pertama dilakukan oleh Ibas, suapan selanjutnya sampai akhir dilakukan oleh Bunda Aliya. Nggak hanya mereka berdua, para kakak lelaki Gayatri, Pancasakti dan Airlangga juga nggak mau ketinggalan nih momen berharga adik manisnya. Mereka juga nggak kalah semangat melihat adik kecilnya diberi MPASI oleh ayah bundanya. Hi-hi-hi, nggemesin banget sih Pancasakti dan Airlangga.


[Gambas:Instagram]

Bicara soal MPASI untuk si kecil, senang ya, Bun, rasanya saat tiba anak akhirnya bisa mulai diberi makanan padat. Meski, kadang ada juga Bunda yang bingung, untuk pertama kali menu MPASI apa ya yang dikasih ke anak? Dikatakan dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, kalau berdasar rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), untuk menu perdana MPASI itu bubur susu terfortifikasi Bun. Soal instan atau homemade, kata dr Meta tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

MPASI homemade pastinya memang lebih murah dan fresh ya Bun. Tapi, mengutip beberapa penelitian, dr Meta bilang ketika si kecil mendapat MPASI homemade yang tidak dibuat sesuai dengan kebutuhan nutrisinya, anak lebih berisiko kena anemia defisiensi besi dan status pertumbuhan yang nggak normal nih Bun.

"Kalau memang ingin membuat sendiri MPASI-nya alias homemade, pastikan menu yang diberikan mencukupi kebutuhan nutrisi anak, mikro maupun makronutriennya ya. Jadi Bunda atau orang yang biasa menyiapkan MPASI harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pemenuhan kebutuhan nutrisi anaknya ya," kata dr Meta.

dr Meta menambahkan, ketika Bunda mau memberi MPASI pertama kali untuk anak, ingat ya Bun kalau pemberian sayur dan buah tanpa pendamping lain yang mengandung zat besi berisiko menghambat pertumbuhan otak anak lho. Terlebih, pada dasarnya sayuran dan buah mengandung serat tinggi. Jadi, kalau dikasih ke anak berlebihan dan nggak diimbangi sama asupan protein hewani, serat justru bisa menghambat penyerapan zat besi pada bayi.

Wah, seru ya tradisi keluarga Ibas ini. Kalau ayah dan bunda, ada cerita soal pemberian MPASI ke si kecil nggak? Jangan lupa di share di kolom komentar ya, Bun.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi