aktivitas

Hal-hal Seputar Inggris yang Menarik Diketahui Anak

Amelia Sewaka 12 Jul 2018
Hal-hal Seputar Inggris yang Menarik Diketahui Anak / Foto: REUTERS/Phil Noble Hal-hal Seputar Inggris yang Menarik Diketahui Anak / Foto: REUTERS/Phil Noble
Jakarta - Mengenalkan anak berbagai negara di dunia sah-sah aja kok, Bun, untuk menambah pengetahuan mereka. Salah satu negara yang saat ini sedang jadi perbincangan hangat adalah Inggris mengingat jadi salah satu negara yang berhasil masuk ke babak semifinal Piala Dunia 2018, meski akhirnya dikalahkan oleh Kroasia.

Salah satu negara paling berpengaruh, kuat, dan terkaya di dunia, United Kingdom adalah tanah yang luar biasa dengan sejarah mengesankan. Nah, menjelaskan soal negara ini ke anak nggak perlu perjalanan ke sana kok, Bun.

Maka dari itu, HaiBunda sudah rangkum beberapa informasi menarik tentang Inggris serta berbagai fakta menarik yang perlu diketahui anak-anak. Apa aja? Ini dia fakta-faktanya.

1. Inggris adalah negara terpadat di Britania Raya. Negara-negara lain yang membentuk Kerajaan Inggris adalah Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Hal-hal Seputar Inggris yang Menarik Diketahui Anak Foto: AFP Photo/Daniel Leal-Olivas
2. Populasi Inggris pada tahun 2011 sekitar 53 juta dan sekarang populasinya sekitar 63 juta.

3. Inggris mencakup banyak pulau kecil seperti Isle of Wight dan Hayling Island.

4. Inggris hanya berjarak 34 kilometer dengan Perancis. Nah, dua negara ini dihubungkan oleh Terowongan Channel yang dibuka pada tahun 1994.

5. Ilmuwan Inggris terkenal termasuk Charles Darwin, Michael Faraday, Isaac Newton dan Stephen Hawking.

6. Sungai terpanjang di Inggris adalah Sungai Severn. Sungai ini terletak di Inggris dan Wales dan membentang sepanjang 354 kilometer.

7. Danau terbesar di Inggris bernama Windermere.

8. Ilmuwan komputer Inggris Tim Berners-Lee adalah pencipta World Wide Web (WWW).

9. Ada sejumlah penulis Inggris yang berpengaruh tetapi mungkin yang paling terkenal adalah William Shakespeare yang menulis karya klasik seperti Romeo dan Juliet, Macbeth dan Hamlet. Jane Austin dan Charles Dickens yang dianggap sebagai penulis terbesar sepanjang masa juga tinggal di Inggris. Ada pula Roald Dahl yang menulis 'Charlie and the Chocolate Factory' dan 'James and the Giant Peach'. Dan tentu saja, jangan lupakan J.K. Rowling, penulis seri 'Harry Potter'.

10. Sepakbola adalah olahraga paling populer di Inggris. Tetapi kriket dan rugby juga nggak kalah terkenal dan memiliki banyak penggemar.


Hal-hal Seputar Inggris yang Menarik Diketahui Anak Foto: Clive Rose/Getty Images

11. The Summer Olympic Games telah diselenggarakan di London sebanyak 3 kali, pada tahun 1908, 1948 dan 2012.

12. Rumah resmi London dari Raja atau Ratu Inggris adalah Istana Buckingham.

13. Inggris memiliki pemerintahan yang demokratis dan multipartai dan telah diperintah oleh raja dan ratu selama ribuan tahun. Namun, monarki tidak membuat keputusan politik.

14. Ratu adalah kepala negara yang resmi. Ratu Elizabeth II telah menjabat sebagai ratu selama 60 tahun. Ia banyak membuka beberapa perayaan besar seperti 'Diamond Jubilee Celebrations' serta membuka 'The 2014 Commonwealth Games', di Glasgow.

Hal-hal Seputar Inggris yang Menarik Diketahui Anak Foto: Istimewa

15. Populasi Inggris mencakup berbagai kelompok etnis yang berbeda. Di Inggris terdapat banyak kota dan desa, tetapi juga gunung-gunung terjal dan banyak pulau. Di Skotlandia saja terdapat sekitar 800 pulau.

16. Bahasa Inggris umum untuk semua orang di Inggris. Tetapi, beberapa orang berbicara bahasa lain. Secara khusus, ibu kota Inggris memiliki salah satu komunitas paling beragam di dunia kemudian ada sekitar 300 bahasa yang diucapkan di jalanan London.

17. Film-film Bollywood semakin populer di Inggris. Gaya tari dan musik yang ditampilkan dalam film blockbuster film ini, yang dibuat di kota Mumbai India, telah disalin di panggung di West End London dan di industri film Inggris.

19. Saat ini, di Inggris orang-orang mengikuti berbagai agama yang berbeda termasuk Kristen, Islam, Hindu, Sikhisme dan Yudaisme. Orang-orang Inggris bangga dengan toleransi negara mereka terhadap keyakinan yang berbeda. Kebebasan bicara atau hak seseorang untuk mengekspresikan pikiran dan pandangan mereka diberikan kepada semua warga negara Inggris oleh hukum.

20. Bagian Selatan Inggris sebagian besar merupakan pedesaan yang berbukit-bukit. Di Inggris barat laut dan dataran tinggi Skotlandia ada puluhan danau, yang disebut lochs. Legenda mengatakan monster raksasa bernama Nessie tinggal di Loch Ness di Skotlandia.

21. Inggris memiliki luas daerah 243.610 km persegi dengan mata uang poundsterling dan bahasa resmi Bahasa Inggris.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi