aktivitas

Cerita Kocak Ringgo Agus Saat Si Kecil Bjorka Toilet Training

Amelia Sewaka 25 Sep 2018
Cerita Kocak Ringgo Agus Saat Si Kecil Bjorka Toilet Training/Foto: Istimewa Cerita Kocak Ringgo Agus Saat Si Kecil Bjorka Toilet Training/Foto: Istimewa
Jakarta - Ringgo Agus Rahman selalu mampu membuat kita cekikikan dengan pengalamannya sebagai seorang ayah. Kali ini, Ringgo berbagi cerita ketika si cilik Bjorka btoilet training dan ditemani bundanya, Sabai.

Dalam foto yang Ringgo unggah, terlihat Bjorka yang tersenyum lepas di atas dudukan toilet ditemani sang ibu yang juga tersenyum melihat anaknya happy saat buang air besar. Dalam keterangannya, Ringgo mengatakan itu adalah ekspresi Bjorka paling bahagia yang pernah ia lihat. Namun momen bahagia Ringgo sayangnya harus 'dipatahkan' oleh sang istri untuk melakukan sesuatu setelahnya.

"Momen bahagia ini dirusak sedikit dengan bojo (istri) yang memberikan tugas pembersihan ke saya," tulis Ringgo.



[Gambas:Instagram]



Ada-ada aja ya tingkah ayah yang satu ini. Walau merasa kesenangannya terpatahkna namun Ayah Ringgo Agus Rahman tetap bertanggungjawab membersihkan semuanya alias tim bersih-bersih setelah Bjorka selesai buang air besar kok, he-he-he.

Ya, jadi ayah itu kan harus siap siaga dan berbagi tugas dengan sang istri ya, Bun. He-he, semangat terus ya ayah Ringgo. Mengajarkan anak toilet training memang bukan hal yang mudah. Perlu kesabaran ekstra, betul kan, Bun? Nah, bicara toilet training dikutip dari buku 'Anti Panik Mengasuh Anak 0-3 Tahun' yang disusun tim Tiga Generasi, adapun tanda-tanda anak siap toilet training antara lain:

1. Menunjukkan perasaan nggak nyaman saat pakai popok yang basah.

2. Ekspresi wajah, gerakan, sama suara anak berbeda pas dia mau buang air kecil atau buang air besar.

3. Periode buang air kecil dan buang air besarnya sudah teratur. Lalu ada periode kering (nggak ngompol) paling nggak 2 jam atau saat tidur siang.

4. 'Kepo' alias ingin tahu saat orang tua atau ada orang dewasa yang masuk-keluar kamar mandi.

5. Bisa duduk tenang selama 2-5 menit.

6. Menunjukkan keinginan untuk mandiri. Jadi, dia ingin melakukan berbagai hal sendiri, Bun.

7. Bisa mengerti instruksi.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi