aktivitas

4 Tips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas Jakarta

Asri Ediyati 10 Okt 2018
Tips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas Jakarta/ Foto: thinkstock Tips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas Jakarta/ Foto: thinkstock
Jakarta - Akhir-akhir ini merasa kegerahan nggak, Bun? Ternyata cuaca di Jakarta memang terasa lebih panas dan terik dari biasanya. Nggak cuma Jakarta, beberapa daerah di Pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara juga mengalami hal yang sama. Tapi tenang, anak bisa tetap nyaman beraktivitas kok meski di tengah cuaca seperti ini.

Mengutip dari detikcom, Kabag Huas BMKG, Hary Tirto Djatmiko menerangkan kejadian cuaca panas dan terik lebih sering terjadi pada bulan-bulan puncak musim kemarau dan masa pancaroba atau transisi. Kondisi seperti ini sebenarnya hal yang alamiah.

"Hasil pengamatan suhu udara maksimum berkisar 34-37,5 derajat Celcius. Angka ini masih dalam kisaran normal suhu maksimum yang pernah terjadi berdasarkan data klimatologis," tutur Hary.

Duh, makanya panas ya cuacanya. Supaya anak tetap nyaman di tengah cuaca panas Jakarta berikut empat tips yang bisa Bunda terapka,

1. Pakai Sunblock

4 Tips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas JakartaTips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas Jakarta/ Foto: thinkstock

Disampaikan dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari RS Surya Husada, sunblock adalah salah satu pilihan untuk mengurangi efek dari UV. Sinar tersebut paling kuat dipancarkan oleh matahari paling di kisaran pukul 10.00-14.00.

Dalam menggunakan sunblock, banyak orang berpikir bahwa dengan langsung mengoleskannya maka tubuh seketika bisa aman terpapar sinar matahari. Padahal, tidak seperti itu cara kerjanya.

"Tabir suryanya itu jangan langsung buru-buru mau keluar sekarang pakai, seharusnya tabir surya itu dipakai 10-20 menit sebelum kita keluar. Sehingga, tabir suryanya sudah menyerap baru kita keluar," jelas dr Laksmi kepada detikcom.

2. Pakai Payung atau Topi

4 Tips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas JakartaTips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas Jakarta/ Foto: E Umbrella

Di samping menggunakan sunblock, jangan lupa bawakan anak payung atau pakaikan topi. Hal ini untuk menghindari sengatan panas langsung dari sinar matahari. Setidaknya setelah terlindungi sunblock, ada lapisan lain atau tameng lagi untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.

"Bisa dengan kacamata, bisa juga dengan topi, itu sedikit mengurangi, atau dengan payung," kata dr Laksmi.



3. Cukup Minum Air

4 Tips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas JakartaTips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas Jakarta/ Foto: iStock

Bermain di cuaca panas rentan bikin anak dehidrasi nih. Untuk itu, nggak ada salahnya Bunda mengingatkan si kecil untuk tetap minum di sela-sela waktu bermainnya. Apalagi, memenuhi kebutuhan cairan juga penting lho untuk membuat kulit tetap sehat. Kalau perlu, boleh juga anak bawa botol minum. Jadi, nggak perlu bolak-balik ke rumah untuk minum deh waktu dia lagi main.

4. Berpakaian Longgar dan Berwarna Cerah

Tips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas Jakarta/ Tips Anak Tetap Nyaman di Tengah Cuaca Panas Jakarta/ Foto: thinkstock

Saat anak main di cuaca yang sedang panas terlebih matahari lagi terik-teriknya, ada baiknya pilih pakaian untuk anak yang menutupi sebagian besar kulitnya. Misalkan baju lengan panjang dan celana panjang. Tapi, pastikan bahannya adem misalkan katin. Dengan begini, setidaknya kulit anak yang terekspos sinar matahari bisa lebih sedikit terlindungi.

Jangan lupa juga yang tak kalah penting adalah warna baju, pilih warna yang cerah seperti putih atau biru muda. Hindari memakaikan anak baju berwarna gelap karena bisa menyerap panas. Jelas, hal ini bisa bikin anak nggak akan nyaman.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi