aktivitas

Anak Dengar Musik Rock seperti Lagu Guns N Roses, Apa Dampaknya?

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 09 Nov 2018 - 07.59 WIB
Anak Dengar Musik Rock seperti Lagu Guns N Roses/ Foto: Asep Syaifullah Anak Dengar Musik Rock seperti Lagu Guns N Roses/ Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Lagu yang didengar anak-anak bisa beraneka ragam dan tergantung banget dengan gimana kebiasaan orang tua di rumah. Misalnya, orang tua penggemar musik rock seperti lagu-lagu hits Guns N Roses, bukan nggak mungkin anak terbiasa mendengar lagu rock.

Ketika anak terbiasa mendengar lagu rock, apakah ada dampaknya? Sebenarnya, Bun, penting banget mengenalkan anak ke berbagai macam genre musik. Memang, tiap individu punya preferensi termasuk terhadap rasa atau selera musik. Dikatakan Lili Levinowitz, profesor pendidikan musik di Rowan University and co-founder Music Together, ibaratnya orang tua perlu memberi buffet berisi pilihan musik untuk telinga anak.

"Coba putarkan anak berbagai musik, nggak cuma dari budaya orang tua tapi juga dari budaya lain," ujar Lili dikutip dari PBS.



Sementara itu, Eric Rasmussen, chair of early childhood music di Peabody Institute bilang orang tua bisa kok mendengarkan musik orang dewasa dalam hal ini nggak melulu berupa lullaby atau musik bernada menenangkan untuk anak. Jadi, nggak masalah kalau Bunda mau mendengarkan tembang rock yang dibawakan Guns N Roses.

Anak Dengar Musik Rock seperti Lagu Guns N RosesAnak Dengar Musik Rock seperti Lagu Guns N Roses/ Foto: Istock
Hal terpenting, jangan putar musik dengan volume terlalu kencang ya. Dilansir Dr Cortney S. Warren dari Departemen Psikologi University of Nevada, Las Vegas (UNLV) mengatakan musik sebenarnya bisa jadi cara kita mengekspresikan emosi, apapun jenis musiknya. Musik juga bisa menunjukkan siapa diri kita dan apa perasaan kita, Bun.

"Saya menyarankan jika Anda susah mengekspresikan emosi atau menyalurkannya, gunakan musik. Misalnya sedang suntuk, putar musik yang bisa membuat Anda berdendang dan bergoyang. Jika sedang kesal, nggak masalah menyanyikan lagu rock atau heavy metal yang cenderung 'keras'," kata Cortney dilansir Psychology Today.

Dikutip dari Healthy Children, sebuah studi terhadap 144 orang remaja dan dewasa menunjukkan musik seperti punk rock cenderung membuat mereka pusing, kelelahan, tegang, dan sedih. Sedangkan, dalam studi lain musik dengan genre rock, pop, dan klasik bisa menolong mereka merasa lebih bahagia, optimistis, ramah, santai, dan tenang.

Jadi, nggak masalah jika sesekali anak mendengarkan lagu rock seperti yang dibawakan Guns N Roses, Bun. Tapi sekali lagi, biarkan anak memilih dan menentukan selera musiknya ya.

(rdn/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi