aktivitas

Kisah Inspiratif Farhan, Bocah 11 Tahun yang Jago Matematika

Siti Hafadzoh Jumat, 09 Nov 2018 - 17.29 WIB
Farhan, bocah 11 tahun yang jago matematika/ Foto: Siti Hafadzoh Farhan, bocah 11 tahun yang jago matematika/ Foto: Siti Hafadzoh
Jakarta - Senang nggak sih, Bun, kalau anak gemar belajar? Apalagi pelajaran matematika. Biasanya kan jarang ya anak yang suka belajar matematika. Kalau anak yang satu ini beda, Bun. Dia sangat suka matematika.

Namanya Zufar Hanasta Ilmi atau yang akrab disapa Farhan. Anak berusia 11 tahun ini sudah memenangkan beberapa medali emas di olimpiade matematika tingkat internasional. Wah, hebat ya. Bagi Farhan, kesuksesannya di olimpiade matematika tak lepas dari peran ibunda tercinta.

"Ibu selalu mendukung saya sampai ke olimpiade tingkat internasional. Di rumah ibu memberikan fasilitas les. Ibu juga memberikan makanan bergizi," ujar Farhan dalam acara 'ABC Sobat Cerdas' di Grand Hyatt Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Ilustrasi anak jago matematikaIlustrasi anak jago matematika (Foto: Hassan/detikcom)
Ketika ditemui HaiBunda, Dwi Harsusi, ibunda Farhan mengaku sebenarnya nggak ada kiat khusus supaya Farhan suka matematika. Dia hanya melihat bakat putranya di bidang matematika sejak kecil.



"Farhan suka matematika sejak TK B. Setiap pulang sekolah itu pasti minta soal. Saya pikir kan dia masih TK, jadi saya buatkan soal penjumlahan 5, itu kurang. Terus sering nangis. Akhirnya saya masukkan ke les yang PR-nya sehari 100. Itu baru dia nggak nangis lagi minta soal," ujar Dwi kepada HaiBunda.

Menurut Dwi, ketika mengarahkan anak nggak perlu ada paksaan, Bun. Dwi sendiri nggak pernah memaksa Farhan untuk menyukai matematika. Menurut Dwi, yang paling penting adalah si anak senang menjalankannya. Orang tua juga perlu memberikan dorongan dan dukungan seperti memberi fasilitas yang dibutuhkan anak. Dengan begitu, kemampuan anak lebih optimal lagi.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi