aktivitas

Manfaat Main Piano untuk Bayi dan Batita

Annisa Karnesyia Sabtu, 09 Mar 2019 - 08.04 WIB
Bayi dan batita main piano/ Foto: Instagram @canzonamusicschool Bayi dan batita main piano/ Foto: Instagram @canzonamusicschool
Jakarta - Main musik seperti piano umumnya diajarkan ketika anak sudah berusia di atas tiga tahun. Eits, tapi jangan salah Bunda, bayi dan anak batita (di bawah tiga tahun) juga sudah bisa diajari main piano lho. Terlebih ada manfaat yang bisa si kecil dapatkan.

Disampaikan Marcia Dewi Hartanto selaku pengajar Canzona Music School, saat ini sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa bayi dan balita sudah bisa belajar, termasuk belajar main musik. Padahal, dulu banyak orang berpikir anak baru bisa belajar saat usia empat tahun. Lantas, kenapa mesti main piano ya?



"Sekarang banyak permainan. Sebagai ortu harus pilih kind of play karena enggak mungkin semua permainan kita beri ke anak. Permainan dengan bukti riset tinggi, efeknya mulai usia 6, 12 tahun sampai usia tua, cegah demensia, cegah kepikunan ya main musik. Nah, dari semua alat musik yang ada, yang paling sering diteliti main piano," tutur wanita yang akrab disapa Dewi ini saat berbincang dengan HaiBunda.

Bayi dan batita main pianoBayi dan batita main piano /Foto: Instagram @canzonamusicschool

Dia menambahkan, saat anak pintar atau pandai di bidang musik, berbagai manfaat bisa didapat. Seperti kita tahu, main musik perlu konsentrasi tinggi. Nah, konsentrasi tinggi pastinya bermanfaat untuk kemampuan akademis si kecil kan, Bun.

"Musik juga punya sifat transfer skill ke bidang lain seperti ketahanan, ketelitian, ketekunan, keindahan, juga membentuk emosi dan jiwa anak. Termasuk dengan main piano kan anak harus belajar sabar, tekun, enggak bisa buru-buru, harus sabar," lanjut Dewi.

Bunda perlu tahu, kata Dewi, jika anak hendak diajarkan main piano, enggak perlu orang tua bisa main musik. Ibaratnya, main piano dasarnya adalah pencet-pencet, he-he-he. Beda dengan main biola. Diungkapkan Dewi, main biola butuh lingkungan yang berbeda lebih dulu. Dalam keseharian, umumnya anak diajari main piano di umur 4,5 tahun.



"Tapi di kita beda. Kita satu-satunya sekolah musik di Indonesia yang ajarkan bayi main piano mulai dari usia 3,5 bulan. Karena yang dibangun bukan sekadar main piano. Main piano tahap lebih lanjut perlu musikalitas, memiliki pitch yang akurat dan itu yang dibangun dari usia bayi. Mengajari para bayi main piano juga ada porsinya. Anak juga bisa ekspresikan secara mandiri kemampuan main pianonya," pungkas Dewi.

Nah, gimana Bunda? Tertarik mengajari si kecil main piano?

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi