berita fashion and beauty

4 Pilihan Busana Hamil Wajib Punya agar Lebih Nyaman dan Modis

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 15 Mar 2019 - 19.32 WIB
Tips pilih baju hamil/ Foto: iStock Tips pilih baju hamil/ Foto: iStock
Jakarta - Perubahan tubuh saat hamil seringkali bikin Bunda merasa tidak nyaman. Menginjak trimester dua, biasanya tubuh mengalami kenaikan berat badan sekitar 5 - 10 kg ya, Bun.

Wah kalau sudah begini pasti inginnya pakai baju yang super longgar kan, Bunda? Tapi bukan berarti Bunda bisa tampil sembarangan ya. Sedang berbadan dua, penampilan juga harus tetap kece dong pastinya. He-he-he.

Meski tubuh membesar diikuti perut yang membuncit, ada banyak cara menyiasati penampilan agar tetap stunning lho. Bahkan, Bunda disarankan untuk berhemat dengan memilih pakaian hamil, sekaligus baju menyusui atau biasa disebut breastfeeding friendly.


Melansir The Bump, Bunda sudah harus memakai baju hamil saat mulai merasa kembung sepanjang hari. Perut yang terasa sakit bisa dikarenakan kondisi celana atau baju kesempitan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kancing celana yang sudah minta dibuka setelah makan. Kemudian kancing kemeja nih, Bun, sudah tidak bisa ditutup hingga ke ujung bawah.

"Pada minggu ke-20, rahim biasanya berada pada tingkat pusar. Tapi hal itu tergantung pada jenis tubuh ibu, pertambahan berat badan, jumlah bayi yang ada di kandungan dan apakah itu kehamilan pertama. Pada kehamilan pertama, bisanya 'benjolan' muncul lebih lambat dibanding kehamilan berikutnya," terang Triana Pagono, MD, dokter spesialis kandungan di Klinik Cleveland.

Jenny Greenstein, pendiri YourSoulStyle.com dan editor mode untuk situs gaya hidup kehamilan wanita urban, Well Rounded menyarankan Bunda menahan diri untuk berbelanja pakaian hamil pada 12 minggu pertama kehamilan. Menurutnya, pada trimester awal biasanya ibu hamil akan memilah-milah perubahan dalam tubuh mereka.

"Pada awal trimester kedua, ketika perut mulai terbentuk biasanya Anda ingin mulai mengumpulkan barang-barang," ungkap Greenstein.

Nah, agar Bunda tetap nyaman selama hamil, berikut beberapa tips penting memilih baju hamil.

Maxi dress
4 Pilihan Busana Hamil Wajib Punya agar Lebih Nyaman dan ModisFoto: iStock

Dress berpotongan panjang merupakan pakaian populer yang membantu ibu hamil terlihat modis. Pilih ukuran longgar dengan siluet A-line, yang membuat Bunda tidak terlalu besar meski berat badan melonjak drastis.

T-shirt
4 Pilihan Busana Hamil Wajib Punya agar Lebih Nyaman dan ModisBaju hamil/ Foto: iStock

Mau nyaman tapi bebas ribet? Bunda bisa membeli kaus over sized berwarna putih, hitam dan abu-abu. Ketiga atasan ini merupakan pilihan yang cocok dipadupadankan dengan jeans hamil. Pilihan gaya ini, disebut-sebut sebagai fashion wajib ibu hamil lho, Bun.

Legging
4 Pilihan Busana Hamil Wajib Punya agar Lebih Nyaman dan ModisBaju hamil/ Foto: iStock

Kebanyakan ibu hamil mengaku nyaman mengenakan legging. Sebaiknya, siapkan beberapa potong legging untuk pakaian sehari-hari jelang melahirkan.

Blazer
4 Pilihan Busana Hamil Wajib Punya agar Lebih Nyaman dan ModisBaju hamil/ Foto: iStock

Blazer berukuran besar merupakan salah satu outfit yang wajib Bunda persiapkan. Tanpa banyak usaha, Bunda akan terlihat modis dan lebih formal sepanjang kehamilan. Jadi, enggak perlu pusing memikirkan busana kantor lagi.

Lalu, bagaimana cara mix and match agar tampil lebih on point saat akan menghadiri acara penting?

Melansir Baby Gaga, Bunda bisa memadukan pakaian longgar dengan kardigan longgar dan syal. Pilih busana berbahan ringan juga ya, Bun, agar tidak mudah gerah. Jadi, Bunda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli pakaian baru yang hanya akan dipakai beberapa bulan.

Selain itu, bentuk dan ukuran yang harus Bunda perhatikan adalah material baju. Katun dan bahan yang elastis merupakan pilihan busana yang akan membuat Bunda merasa nyaman seharian.


Sedangkan saat memakai legging, Bunda bisa tetap stylish dengan pilihan atasan yang sesuai. Salah memilih baju, akan membuat legging seperti pakaian olahraga ibu hamil. Hindari kesan membosankan dengan mengenakan jaket kulit, kaus grafis dan kain flanel berukuran besar untuk menciptakan kesan kasual trendy.

Selamat mencoba!

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi